Kami menargetkan akhir Agustus penyaluran bantuan tahap IV sudah diterima seluruh penyintas gempa, agar dapat membangun kembali rumahnya yang rusak sehingga tidak lagi tinggal dalam hunian darurat
Cianiur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, menjamin penyaluran bantuan stimulan tahap IV bagi 36 ribu penyintas gempa sudah tercapai 100 persen dalam beberapa pekan ke depan, sehingga tidak ada lagi penyintas tinggal dalam hunian darurat.

Bupati Cianiur Herman Suherman di Cianjur Selasa, mengatakan pihaknya menggencarkan sosialisasi terkait pencairan dan penggunaan dana bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun rumah, bukan untuk keperluan lain termasuk membayar hutang atau membeli kendaraan.

"Kami menargetkan akhir Agustus penyaluran bantuan tahap IV sudah diterima seluruh penyintas gempa, agar dapat membangun kembali rumahnya yang rusak sehingga tidak lagi tinggal dalam hunian darurat," katanya.

Bahkan pihaknya meminta penyintas yang sudah tuntas melakukan pembangunan rumah kembali agar melengkapi semua dokumen guna memudahkan proses pencairan, dan bagi penyintas yang menggunakan pihak ketiga harus menerima kunci sebelum melakukan pembayaran.

Baca juga: BNPB kembali gulirkan bantuan gempa senilai Rp550 miliar ke Cianjur

Pihaknya meminta penyintas yang menggunakan jasa pihak ketiga harus tahu pasti riwayat pekerjaan yang sudah dilakukan agar tidak tertipu, termasuk tidak melakukan pembayaran sebelum pekerjaan pembangunan rumah kembali tuntas dilakukan.

"Silahkan pakai pihak ketiga yang sudah rutin membangun rumah dengan konstruksi tahan gempa, jangan asal pilih pihak ketiga karena banyak yang nakal, bahkan sebelum membangun uang diambil, pembangunan terbengkalai," katanya.

Herman menjelaskan sejak beberapa pekan terakhir sosialisasi pada tujuh kecamatan terdampak gempa seperti Warungkondang, Cianjur, Cugenang, Pacet, Cipanas, Sukaresmi dan Cilaku, terus digencarkan, agar penyaluran bantuan tuntas 100 persen sebelum akhir tahun, karena kasihan warga yang masih tinggal dalam hunian darurat.

Baca juga: BPBD Cianjur cairkan bantuan untuk 1.100 penyintas gempa tahap IV

"Targetnya akhir Agustus paling telat sebelum akhir tahun 36 ribu penyintas sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat seluruhnya tanpa ada kendala. Harapan kami penyintas benar-benar menggunakan dana untuk membangun rumah bahkan dapat menambah ruangan dalam rumah," katanya.

Pihaknya memastikan tidak ada pemotongan dalam bentuk apapun dari dana stimulan yang diterima penyintas. Warga atau penyintas dapat melapor jika ada oknum yang bermain memotong dana yang harusnya diterima 100 persen.

"Silahkan laporkan kalau ada oknum yang bermain memotong dana stimulan akan segera kami tindak" katanya.

Baca juga: Dana stimulan 25.000 penyintas gempa Cianjur belum cair hingga kini

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024