Dengan melibatkan Forkopimda menambah kekuatan baru, karena persiapan PON akan semakin ringan dikerjakan oleh seluruh pihak terkait
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni memperbarui struktur kepengurusan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Sumut dengan melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) daerah setempat masuk dalam kepengurusan.

"Surat keputusan PB PON sudah diperbarui dengan komposisi yang lebih luas dengan melibatkan banyak pihak salah satunya unsur Forkopimda," ujar Agus Fatoni usai Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut, di Medan, Selasa.

Agus Fatoni menjelaskan pembaruan surat keputusan tersebut bertujuan untuk mempercepat perkembangan persiapan ajang olahraga nasional itu di wilayahnya.

Menurutnya, dengan melibatkan Forkopimda menambah kekuatan baru, karena persiapan PON akan semakin ringan dikerjakan oleh seluruh pihak terkait.

"Ini kita lakukan agar bisa berlari lebih kencang, karena kita lakukan ini bersama sama, PON ini merupakan kehormatan kita bersama," kata dia.

Dalam pembaruan surat keputusan PB PON tersebut, Pj Gubernur Agus Fatoni memasukkan Pangdam I Bukit Barisan sebagai Wakil Ketua Umum I, Kapolda Sumut sebagai Wakil Ketua Umum II.Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut sebagai Wakil Ketua Umum III hingga Sekretaris Daerah Provinsi Sumut sebagai Wakil Ketua umum IV.

Terobosan yang dilakukan mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan tersebut mendapat apresiasi dari para pimpinan Forkopimda Sumut.

Baca juga: Dishub Sumut uji kesiapan transportasi di 10 daerah jelang PON XXI
Baca juga: Polda Sumut gelar operasi pekat jelang PON 2024


Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana mewakili Kapolda Sumut mengatakan struktur terbaru tersebut merupakan upaya bersama untuk menyukseskan PON 2024 di Sumut

"Apresiasi struktur kepengurusan panitia yang terbaru, kami lihat struktur sebelumnya agak umum atau general, sekarang sudah spesifik, ini terlihat kebersamaan dalam menghadapi penyelenggaraan PON," ujar Rony Samtana.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan mengapresiasi upaya yang dilakukan Penjabat Gubernur Sumatera Utara dalam menyukseskan PON 2024 khususnya di wilayahnya.

Dalam kesempatan itu, Hasan mengatakan pihaknya sejak awal telah berkomitmen menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut

"Kami ucapkan terima kasih, dimana sekarang jajaran TNI, Polri, Kejaksaan secara langsung dilibatkan dalam kegiatan PON ini, sejak awal kami sudah punya komitmen menyukseskan PON, sesuai dengan arahan dan perintah Bapak Presiden," ujar Hasan.

Sementara itu, Kajati Sumut Idianto mengatakan pihaknya juga berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut. Untuk itu, dia siap bersinergi dengan seluruh pihak guna mencapai tujuan tersebut.

"Saya sampaikan terima kasih, saya sudah menerima SK, berarti kami sudah resmi bergabung, kalau sudah ada SK, berarti kami siap bertanggung jawab atas itu," ujar Idianto.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024