Saat ini, ada sejumlah sisa sampah masih tertumpuk di bantaran sungai untuk bertahap diangkut ke TPS
Bandung (ANTARA) - Satgas Gabungan mengatakan bahwa sampah Citarum di kawasan Jembatan Babakan Saapan (BBS), Batujajar, Bandung Barat, saat ini hanya tersisa di bantaran sungai, sementara dari alirannya sudah terangkat semua.

"Saat ini, ada sejumlah sisa sampah masih tertumpuk di bantaran sungai untuk bertahap diangkut ke TPS," kata Dansatgab Kolonel Kav. Edward Francis dalam keterangan di Bandung, Selasa.

Edward mengatakan pembersihan sampah yang menumpuk di Sungai Citarum bawah kawasan Jembatan BBS itu sudah dapat diselesaikan pada Senin (15/7).

Pembersihan sampah di lokasi tersebut, kata Edward, melibatkan 215 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Sumber Daya Air Jabar, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, dan masyarakat sekitar.

"Selama proses pembersihan berlangsung lancar dan tidak ada kendala," katanya.

Proses pembersihan menggunakan alat-alat berat dan ringan seperti berbagai jenis ekskavator, perahu, truk jungkit (dump truck), dan beberapa alat penunjang lainnya.

"Aktivitas yang dilakukan adalah pengangkatan sampah ke bantaran, pengangkutan sampah ke TPS, lalu memasang alat penyekat sampah agar berkumpul di satu titik untuk memudahkan ekskavator bekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Edward meminta masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai demi kenyamanan, kesehatan, dan kebaikan bersama.

"Selanjutnya akan terus kita pantau. Kita tidak berhenti di sini," tutur Edward.

Baca juga: Pemprov Jabar turunkan alat berat tangani sampah Citarum
Baca juga: Pj Gubernur: Lautan sampah DAS Citarum Batujajar karena sedimentasi
Baca juga: Luhut pastikan ambil langkah terpadu tangani deforestasi dan sampah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024