Jakarta (ANTARA) - Pesenam putri Rifda Irfanaluthfi akan menjadi orang Indonesia pertama yang berangkat ke Olimpiade dari cabang olahraga senam artistik.

Sebelum berkompetisi di Olimpiade, Rifda menjalani pemusatan latihan di Heereveen, Belanda. Ia bersama sang pelatih Eva Novalia telah bertolak ke Negeri Kincir Angin tersebut, dan akan langsung menuju Paris untuk tampil di Olimpiade 2024.

Belanda pun menjadi pilihan pemusatan latihan karena dari sisi adaptasi cuaca akan lebih mudah. Selain itu, alat-alat latihannya disebut sangat bagus, aman dan nyaman, serta lokasinya cukup dekat dengan Paris.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati mengatakan Rifda telah mencoba empat alat selama pemusatan latihan di Belanda.
Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi beraksi di alat palang bertingkat pada nomor tunggal putri semua alat (all round) Senam Artistik SEA Games 2021 Vietnam di Quan Ngua Sports Palace, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Rifda berhasil meraih emas dengan mengumpulkan 49.650 poin. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww. (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)

Ada pun empat alat yang digunakan dalam senam artistik, yaitu kuda lompat (vaulting horse), palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), dan lantai (floor exercise).

Cabang olahraga senam artistik pada Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung mulai 27 Juli - 1 Agustus.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi ingin cetak sejarah untuk Indonesia di Paris
Baca juga: Ketum PB Persani: Rifda sudah coba empat alat selama TC di Belanda

Selanjutnya: Jadwal lengkap perlombaan senam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024