Den Haag (ANTARA) - Kebun Binatang Ouwehands di Kota Rhenen, Belanda, pada Senin (15/7) mengumumkan kelahiran anak panda raksasa kedua yang lahir di kebun binatang itu dalam empat tahun.

"Panda raksasa Wu Wen kembali melahirkan seekor anak panda pada Jumat malam, 12 Juli 2024! Induk dan anaknya kini berada di ruang bersalin dan dalam keadaan baik," kata pihak kebun binatang dalam pernyataan pers.

"Kebun Binatang Ouwehands senang dan bangga karena dapat kembali berkontribusi terhadap pelestarian spesies yang terancam punah ini dengan cara yang alami," ungkap pihak kebun binatang tersebut.

Menurut pernyataan pers itu, Wu Wen dan Xing Ya, panda jantan di kebun binatang tersebut, kawin secara alami pada akhir Februari 2024.

Selama beberapa bulan, Wu Wen menunjukkan tanda-tanda yang mengisyaratkan kehamilan, seperti mengasingkan diri ke ruang bersalin, makan lebih sedikit bambu, serta lebih banyak tidur, yang membangkitkan antisipasi. Namun, perilaku ini juga bisa mengindikasikan kehamilan palsu, yang membuat penantian itu semakin menegangkan.
 
   Gambar yang diambil dari video webcam yang disediakan Kebun Binatang Ouwehands pada 15 Juli 2024 ini menunjukkan panda raksasa Wu Wen dan anaknya di ruang bersalin di Kebun Binatang Ouwehands di Rhenen, Belanda. (Xinhua/HO Ouwehands Zoo)

Menjelang akhir pekan, Wu Wen menjadi semakin gelisah, lanjut pernyataan pers tersebut. "Ini ternyata merupakan pertanda kelahiran seekor anak panda yang dalam kondisi hidup dan menjerit-jerit, dan dia pun segera mendapatkan perhatian dari induknya."

Sekitar lebih dari satu jam kemudian, seekor anak panda kedua yang ukurannya jauh lebih kecil lahir, tetapi sayangnya anak panda tersebut tidak dapat bertahan hidup, sebut pernyataan pers itu.

Untuk saat ini, jenis kelamin anak panda yang masih hidup masih menjadi misteri. Para penjaga kebun binatang sedang memberi Wu Wen dan anaknya privasi yang mereka perlukan untuk menjalin ikatan, dan jenis kelamin anak panda itu baru akan diketahui pada sesi pemeriksaan kesehatan pertamanya.

Kehadiran anak panda baru ini menyusul kelahiran Fan Xing pada Mei 2020, anak panda pertama yang lahir di Kebun Binatang Ouwehands sejak kedatangan Wu Wen dan Xing Ya pada 2017.

Fan Xing, seekor panda raksasa berjenis kelamin betina, kembali ke China pada September 2023 setelah upacara perpisahan yang meriah.
Gambar yang diambil dari video webcam yang disediakan Kebun Binatang Ouwehands pada 15 Juli 2024 ini menunjukkan panda raksasa Wu Wen dan anaknya di ruang bersalin di Kebun Binatang Ouwehands di Rhenen, Belanda. (Xinhua/HO Ouwehands Zoo)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024