Program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang berlipat ganda bagi pengembangan keterampilan wirausaha sosial
Jakarta (ANTARA) - Yayasan BUMN meluncurkan kompetisi inovasi sosial Pikiran Terbaik Negeri untuk menemukan solusi inovatif guna membantu pemerintah memecahkan permasalahan di bidang kesehatan dan lingkungan.

Chief of Program and Strategy Yayasan BUMN Mayasari Indah Lestari mengatakan, Pikiran Terbaik Negeri adalah Grant-Competition atau kompetisi hibah yang diinisiasi oleh Yayasan BUMN dan berkolaborasi dengan ekosistem investasi berdampak seperti panel ahli, venture capital (VC) dari dalam maupun luar BUMN.

Kompetisi ini juga didukung oleh media partner dengan cakupan global sebagai mitra yang memperluas jangkauan program dan komunitas penggerak usaha/inovasi sosial seluruh Indonesia.

"Program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang berlipat ganda bagi pengembangan keterampilan wirausaha sosial serta yang mampu memberikan dampak nyata demi membangun jiwa dan raga serta alam untuk Indonesia," ujar Mayasari.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir dalam Relaunching Yayasan BUMN pada Jumat (5/7), menyatakan bahwa program ini sejalan dengan transformasi BUMN dan berfokus pada isu hijau serta kesehatan ibu dan anak.

Kompetisi ini menawarkan total hibah sebesar Rp3 miliar kepada 20 wirausaha sosial terpilih. Selain dukungan finansial, peserta juga akan mendapatkan visibilitas, jaringan global, dan koneksi dengan ekosistem BUMN.

Program ini juga menyediakan pembelajaran dan monitoring intensif untuk memastikan inisiatif berkembang dengan baik. Keunggulan kegiatan ini tidak hanya terletak pada besarnya dukungan finansial, tetapi juga pada berbagai keuntungan lain yang akan diberikan kepada para peserta.

Wirausaha sosial yang terlibat akan mendapatkan visibilitas dan jangkauan usaha yang meluas ke seluruh Indonesia, membuka peluang baru dan memperluas pasar.

Selain itu, program ini juga menawarkan jaringan global yang akan membantu para peserta menampilkan inisiatif sosial mereka ke khalayak yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Para peserta akan terhubung dengan jaringan Yayasan BUMN dan ekosistem di dalam BUMN, memberikan kesempatan untuk membangun koneksi yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan penting di dunia usaha dan industri.

Program Pikiran Terbaik Negeri akan ditutup pada tanggal 24 Juli 2024.

Baca juga: Yayasan BUMN tawarkan hibah Rp3 miliar pacu "Pikiran Terbaik Negeri"
Baca juga: Erick: Kiprah sosial era pandemi bekal Yayasan BUMN bertransformasi
Baca juga: Erick Thohir arahkan Yayasan BUMN bertransformasi pada isu masa depan

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024