Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal kembali ke kompetisi untuk pertama kalinya sejak tersingkir lebih awal di French Open, bekerja sama dengan Casper Ruud untuk meraih kemenangan sektor ganda di Bastad.

Itu adalah pertandingan pertama Nadal sejak petenis berusia 38 tahun itu dikalahkan Alexander Zverev pada babak pembuka di Roland Garros pada 27 Mei saat ia bersiap untuk Olimpiade Paris.

Nadal dan Ruud menang 6-1, 6-4 dalam pertandingan lapangan tanah liat yang diselingi hujan melawan unggulan kedua Guido Andreozzi dari Argentina dan Miguel Reyes-Varela dari Meksiko.

Petenis wild card Nadal dan Ruud, yang berlatih di Rafa Nadal Academy di Mallorca, melaju melalui set pertama dengan dua break.

Permainan dihentikan pada kedudukan 3-3 pada kuarter kedua karena hujan, dan untuk kedua kalinya sebelum Nadal dan Ruud menyelesaikan pertandingan dalam 79 menit.
Rafael Nadal mengembalikan bola pukulan dari Alex De Minaur dalam turnamen tenis ATP Barcelona Open di Real Club de Tenis di Barcelona, Rabu (17/4/2024). ANTARA/AFP/Pau Barrena/am.

Baca juga: Ruud rebut gelar Jenewa ketiga untuk bekal menuju French Open

"Kami bermain cukup baik karena ini pertama kalinya kami bermain bersama," kata Nadal, dikutip dari AFP, Selasa.

"Dan ya, senang bisa kembali ke sini setelah hampir 20 tahun. Saya punya kenangan indah tentang tempat ini dari tahun 2003, 2004, 2005. Saya menikmati minggu ini dan semoga kami bisa terus maju."

Nadal meraih gelar tunggal di Bastad saat berusia 19 tahun pada 2005.

Ia melewatkan Wimbledon untuk fokus pada Olimpiade yang akan berlangsung di Roland Garros di mana ia memenangi 14 gelar French Open.

Di Paris, Nadal berencana bertanding di nomor tunggal dan ganda bersama Carlos Alcaraz, juara Wimbledon pada Minggu (14/7).

"Itu adalah hari yang luar biasa bagi olahraga Spanyol," kata Nadal tentang kemenangan Alcaraz dan kemenangan Spanyol di Euro 2024.

"Tim Spanyol memainkan Piala Euro yang luar biasa sejak hari pertama hingga hari terakhir. Kami sangat bangga, seluruh negara, atas apa yang mereka lakukan. Saya juga mengalami hari yang sangat bahagia kemarin, dengan Carlos memenangi Wimbledon."

Baca juga: Nadal mundur dari Wimbeldon

Selanjutnya: Juara Grand Slam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024