Insya Allah whitepaper ini sebelum September, kalau bisa Insya Allah Agustus ini sudah kami siapkan
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan Dokumen Peta Putih atau whitepaper yang berisi usulan/rekomendasi dunia usaha sudah siap sebelum September tahun ini.

"Insya Allah whitepaper ini sebelum September, kalau bisa Insya Allah Agustus ini sudah kami siapkan," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid di Jakarta, Senin.

Arsjad menambahkan, whitepaper tersebut akan diberikan kepada legislatif dan eksekutif.

"Whitepaper inilah yang nanti akan kami berikan kepada teman-teman di legislatif dan juga eksekutif," katanya.

Dalam pandangan pelaku usaha, terdapat setidaknya tiga isu ekonomi strategis yang perlu menjadi perhatian saat ini dan lima tahun ke depan. Ketiga isu tersebut adalah optimalisasi sektor-sektor strategis yang dapat mendorong pertumbuhan, penguatan kapasitas UMKM nasional, dan peningkatan kesejahteraan kelas menengah.

Kemampuan Indonesia dalam mengatasi ketiga isu ini selanjutnya juga menentukan kesuksesan dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045. Guna mencapai tujuan ini maka penting bagi pemerintah, dunia usaha serta seluruh pemangku kepentingan di Indonesia untuk dapat bersinergi dan bergotong royong.

Sehubungan dengan isu-isu strategis ekonomi yang dihadapi dunia usaha serta pengembangan program pemerintah lima tahun ke depan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sedang menyiapkan whitepaper berisi usulan dan masukan dari pelaku usaha di berbagai sektor dan daerah, investor serta akademisi.

Usulan dan masukan Kadin ini diharapkan dapat memperkuat dan menyukseskan program pembangunan 2024-2029, serta mendorong implementasi Asta Cita dan 17 program prioritas pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Inisiatif ini juga menegaskan komitmen Kadin Indonesia terhadap pemerintah dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Sebagai induk organisasi yang mewadahi dunia usaha serta mitra strategis pemerintah bidang perekonomian, Kadin Indonesia siap bergotong royong menyukseskan program pemerintah 2024-2029 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan merealisasikan cita-cita Indonesia Emas 2045, yaitu sebagai negara maju dan keluar dari jebakan kelas menengah (middle-income trap).

Whitepaper yang sedang disiapkan Kadin Indonesia berisi usulan dan masukan di bidang ekonomi yang nantinya disampaikan ke pemerintah dan diharapkan dapat menjadi referensi dalam penyusunan pembangunan ekonomi jangka menengah.

Selain menampung usulan dan masukan dari asosiasi industri di berbagai sektor dan berbagai daerah, Kadin Indonesia juga akan melibatkan investor, lembaga riset, universitas dan akademisi, organisasi masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya dalam penyusunan whitepaper melalui survei dan diskusi.

Penyusunan whitepaper ini akan dilakukan secara inklusif dan kolaboratif, dengan melibatkan seluruh pemangku kebijakan. Termasuk dalam isi whitepaper adalah rekomendasi fokus area pembangunan yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan realisasi program prioritas pemerintah lima tahun ke depan.

Selain itu, whitepaper ini juga berkesinambungan dengan Roadmap Indonesia Emas 2045 yang Kadin luncurkan tahun lalu menjadi referensi dalam penyusunan pembangunan ekonomi jangka menengah.

Baca juga: Kadin sebut Hotel Nusantara di IKN siap digunakan untuk 17 Agustus
Baca juga: Kadin sebut kebijakan pemerintah untuk memperkuat posisi IKN
Baca juga: Kadin sebut ide "family office" perlu dijajaki dan dipelajari
Baca juga: Kadin dorong pemerintah memberantas impor ilegal

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024