Jakarta (ANTARA) - Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2024 yang dilaksanakan pada acara Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 di JCC Senayan Jakarta, 10 hingga 12 Juli 2024.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerjaan menyatakan kebanggaannya atas penyelenggaraan AOE dan AJA 2024. Apkasi Otonomi Expo 2024 bukan hanya menjadi ajang promosi potensi daerah, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi kami kepada para jurnalis yang telah berkontribusi dalam menyebarkan informasi mengenai perkembangan otonomi daerah.

"AOE 2024 telah menjadi ajang yang sangat berarti bagi para peserta dan pengunjung. Selain AJA, kami juga berkomitmen untuk terus menyelenggarakan acara ini setiap tahun dengan konsep yang lebih inovatif dan menarik," ujar Sutan.

Pada puncak acara AOE 2024, diumumkan para pemenang AJA 2024 yang terbagi dalam dua kategori, yaitu Media Online dan Media Cetak. Kategori Media Online juara 1 dimenangkan oleh Muchammad Resya Firmansyah dari Suaramerdeka.com (Jogja), diikuti oleh Karina Isna Irawan dari Kompas.id sebagai Juara 2, dan Sujarwo dari Jubi.id sebagai Juara 3.

Sementara itu, untuk Kategori Media Cetak dimenangkan oleh Tri Yari Kurniawan dari Koran SINDO (Makassar) sebagai Juara 1, diikuti oleh Lilik Darmawan dari Media Indonesia sebagai Juara 2, dan Yukemi Nurgani Koto dari Harian Fajar sebagai Juara 3.

Direktur Eksekutif Apkasi sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Event Sarman Simanjorang menambahkan, AOE 2024 bukan hanya tentang pameran dan penghargaan jurnalistik. Berbagai acara menarik juga diselenggarakan, termasuk fashion show yang menampilkan finalis Putri Otonomi Indonesia 2024 dan berbagai pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah.

"Kami berharap AJA 2024 dapat terus memotivasi para jurnalis untuk menyebarkan informasi yang edukatif dan inspiratif mengenai perkembangan otonomi daerah. Kami juga berharap dapat melihat lebih banyak karya jurnalistik yang berkualitas di tahun-tahun mendatang," ujar Sarman.

Selama tiga hari penyelenggaraan, AOE 2024 berhasil mendatangkan sekitar 10.000 pengunjung yang sangat antusias mengikuti berbagai rangkaian acara. Mereka tidak hanya mendapatkan informasi mengenai potensi daerah, tetapi juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan interaktif yang disediakan oleh para peserta pameran.

Pameran ini juga menjadi ajang bagi pemerintah daerah untuk mempromosikan komoditas unggulan dan produk-produk UMKM mereka. Banyak pengunjung yang tertarik dan memberikan apresiasi atas inovasi serta kreativitas yang ditampilkan oleh para peserta pameran. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa potensi daerah di Indonesia sangatlah besar dan perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari berbagai pihak.

Pengunjung juga disuguhi berbagai tarian tradisional dari berbagai daerah yang ditampilkan secara profesional oleh para penari muda. Pertunjukan ini tidak hanya menambah kemeriahan acara, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada pengunjung.

Acara puncak penutupan yang diadakan pada tanggal 12 Juli 2024 berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan menarik. Selain pengumuman pemenang AJA 2024, juga diadakan pengundian doorprize dengan hadiah utama sepeda motor Honda dan puluhan hadiah menarik lainnya seperti AC, smartphone, smartwatch, hingga tablet terbaru.

Apkasi Otonomi Expo 2024 juga mengumumkan pemenang Stand Terbaik, yang berhasil menarik perhatian pengunjung dengan desain dan informasi yang menarik. Pameran ini memberikan kesempatan bagi para pemerintah daerah untuk menunjukkan inovasi dan potensi yang dimiliki daerah mereka.

Sarman juga menyampaikan harapannya agar AJA dan AOE dapat menjadi platform yang lebih besar untuk promosi potensi daerah dan apresiasi terhadap para jurnalis di Indonesia.

"Kami berharap AJA 2024 dapat terus memotivasi para jurnalis untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan inspiratif. Semoga tahun depan kita dapat melihat lebih banyak karya jurnalistik yang luar biasa," tutup Sarman.

Dengan berakhirnya AOE dan AJA 2024, Apkasi berharap acara ini dapat terus menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dan para jurnalis untuk berkontribusi dalam pembangunan dan promosi potensi daerah di Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024