Rute ke Ambon ini cukup banyak peminatnya dari Manokwari. Kita sudah ajukan perubahan rutenya, sekarang sedang dikaji Kemenhub dan mudah-mudahan bisa ada perubahan rute ke Ambon
Manokwari (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari, Papua Barat mengajukan perubahan rute KM Ciremai menuju Ambon, Maluku, ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kabag Ops Pelni Manokwari Abdul Rais Akbar di Manokwari, Senin, mengatakan, perubahan rute tersebut diperlukan karena saat ini tidak ada kapal dari Manokwari yang menuju Ambon sama sekali.

"Rute ke Ambon ini cukup banyak peminatnya dari Manokwari. Kita sudah ajukan perubahan rutenya, sekarang sedang dikaji Kemenhub dan mudah-mudahan bisa ada perubahan rute ke Ambon," katanya.

Ia mengatakan, tiga kapal yang biasa melayani rute Manokwari-Ambon yaitu KM Tidar, KM Labobar dan KM Sirimau saat ini sedang tidak bisa beroperasi.

KM Labobar dan KM Sirimau sedang menjalani perbaikan rutin atau docking sejak 16 Juni dan 17 Juni 2024. Perbaikan rutin tersebut memakan waktu setidaknya satu bulan, sehingga diperkirakan dua minggu lagi beroperasi di Manokwari.

Sedangkan KM Tidar sedang mengalami peralihan rute untuk menggantikan rute yang ditinggalkan KM Umsini karena mengalami insiden kebakaran di Pelabuhan Makassar.

Ia mengatakan, KM Ciremai dipandang cocok untuk melayani pelayaran di Ambon. Rute reguler KM Ciremai dari ujung timur adalah Jayapura, Biak, Manokwari, Sorong yang dilanjutkan Baubau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

"Diharapkan setelah mengangkut dari Papua, terakhir di Sorong, KM Ciremai bisa ke Ambon dulu lalu melanjutkan ke Baubau dan seterusnya," katanya.

Saat ini pihaknya sedang menunggu keputusan dari Kemenhub, karena ada beberapa alternatif lainnya yaitu KM Dobonsolo yang biasa dari Ambon bisa dialihkan rutenya ke Manokwari.

Peralihan rute KM Dobonsolo untuk mengangkut penumpang Ambon-Manokwari biasa dilakukan PT Pelni saat musim padat penumpang seperti Lebaran dan Nataru.

Rute reguler KM Dobonsolo adalah Jayapura-Serui-Sorong-Ambon-Baubau-Makassar-Surabaya-Jakarta. Saat musim padat penumpang, dari Serui sebelum ke Sorong, KM Dobonsolo singgah dulu di Manokwari.

Baca juga: Pelni Manokwari sebut perlu penguatan armada pelayaran perintis
Baca juga: Pelni Manokwari catat penumpang mudik Lebaran 2024 naik 20 persen

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024