Beberapa studi menunjukkan kehadiran ayah di dalam pengasuhan anak itu ternyata mengurangi kemungkinan anak untuk berperilaku berisiko, seperti menikah di usia anak atau melakukan tindakan kriminal
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Woro Srihastuti Sulistyaningrum mengatakan, kehadiran ayah dalam pengasuhan dapat mencegah pelecehan seksual.

“Kehadiran ayah dalam pengasuhan itu menjadi penting, karena bagi anak laki-laki akan membuat dia bisa menghargai perempuan, sehingga tidak akan terjadi yang namanya pelecehan seksual,” kata Woro dalam temu media di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Senin.

Sedangkan kehadiran ayah di dalam pengasuhan bagi anak-anak perempuan, lanjut dia, membuat mereka berani dan tegas dalam berperilaku ketika menghadapi laki-laki.

“Itu ada studinya. Beberapa studi menunjukkan kehadiran ayah di dalam pengasuhan anak itu ternyata mengurangi kemungkinan anak untuk berperilaku berisiko, seperti menikah di usia anak atau melakukan tindakan kriminal,” katanya.

Guna memperkuat perlindungan terhadap anak dan perempuan, serta menguatkan peran ayah dalam pengasuhan, Kemenko PMK berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan akan menyelenggarakan puncak Hari Anak Nasional ke-40 pada 23 Juli 2024 mendatang di Kabupaten Jayapura, Papua.

“Tema Hari Anak Nasional 2024 yakni ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, yang akan menekankan pada perlindungan anak di ranah dalam jaringan -daring-. Salah satu sub tema kita yakni anak cerdas, berinternet sehat,” katanya.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, yakni Festival Ekspresi Anak yang akan digelar pada 18 Juli 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Menko PMK Mendongeng dalam Aksi Generasi Iklim di Kemenko PMK, Jakarta, pada 3 Agustus 2024.

Kemudian, kampanye penyadaran publik penguatan partisipasi anak aksi generasi iklim di delapan provinsi sepanjang Juli-November 2024, serta zero waste heroes di Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada 23 November 2024 mendatang.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024