Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dalam membuat kajian menyeluruh mengenai pembinaan olahraga Indonesia untuk mendorong peningkatan prestasi di kancah internasional.

"Kajian menyeluruh ini penting karena tujuan dari membangun olahraga adalah menjaga Merah Putih, sama dengan Lemhanas yang tujuannya juga menjaga ketahanan nasional, menjaga Merah Putih," kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari kepada media usai menggelar pertemuan lanjutan dengan Pelaksana Tugas Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, KOI dan Lemhanas akan membentuk tim untuk melakukan kajian lebih dalam karena banyak sekali agenda olahraga yang diikuti Indonesia baik sebagai tuan rumah maupun peserta.

Tim itu akan memasukkan berbagai elemen terkait lain agar berjangkauan lebih luas dan bekerja dengan parameter kuantitatif.

"Jadi sekarang kan Olimpiade Paris, selanjutnya Olimpiade di Amerika, dan seterusnya akan bisa dilihat (melalui hasil kajian) progresifnya seperti apa," kata dia.

Oktohari mengatakan, kajian pembinaan olahraga juga menyasar tidak hanya atket namun juga orang tua yang bisa memunculkan potensi atlet, pelatih, serta pengurus olahraga.

Baca juga: Ketum KOI: Atlet Olimpiade berangkat bergilir sejak 13 Juli

Untuk menjangkau kalangan tersebut, kata dia, dibutuhkan legitimasi lebih besar sehingga pihaknya menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Lemhanas.

"Kepentingan kita yang paling besar adalah menjaga Merah Putih. Ini saya rasa selaras dengan tujuan kita semua baik itu NOC Indonesia maupun Lemhanas, tinggal sekarang bagaimana semua pihak bisa menjadi bagian dari pemikiran ini," ujarnya.

Ia mengatakan, upaya membangun prestasi olahraga tidak bisa dilakukan sendiri oleh KOI, Lemhanas, berbagai instansi terkait maupun cabang-cabang olahraga, namun harus melibatkan semua elemen masyarakat.

Hasil akhir yang diharapkan, kata dia, adalah semakin banyak medali yang diperoleh Indonesia dalam Olimpiade mendatang.

Sementara itu, Eko Margiyono menyatakan mendukung kegiatan olahraga karena melalui olahraga, lagu Indonesia Raya dan bendera Merah Putih dikibarkan di pentas dunia.

Oleh sebab itu, pihaknya bekerja sama melakukan kajian dan sekaligus menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada atlet, pengurus olahraga, serta semua pihak terkait.

"Intinya kita ingin agar olahraga kita semakin maju," ujarnya.

Baca juga: Raja Sapta ajak masyarakat mendoakan atlet yang tampil di Olimpiade

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024