Jakarta (ANTARA) -
Copa America 2024 telah usai dengan Argentina kembali meraih gelar juara setelah mengalahkan Kolombia dengan skor 1-0 pada babak tambahan waktu (extra time) di laga final yang digelar di Hard Rock Stadium, Florida, Senin (15/7) siang WIB.

Dalam sejarahnya, Argentina dan Uruguay merupakan "tim raksasa" yang mendominasi gelar juara.Tim Tango sebanyak 16 kali dan Uruguay 15 kali juara.
 
Striker veteran James Rodriguez dari Kolombia meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Copa America 2024, meskipun tidak berhasil membantu timnya mengalahkan Argentina dalam pertandingan final.
 
James Rodriguez mencatat sejarah sebagai pemain pertama yang mencatat enam assist dalam satu edisi Copa America. Bahkan, catatan rekor ini melampaui rekor enam assist dari Lionel Messi pada Copa America 2021.

Pada turnamen ini, bukan Messi yang menjadi top skor. Namun, Lautaro Martinez dari Argentina yang membukukan gol terbanyak Copa America 2024 dengan torehan lima gol.
 
Penghargaan berikutnya juga dipersembahkan oleh Argentina, yaitu penghargaan Kiper Terbaik Copa America 2024 yang diraih oleh Emiliano Martinez berkat penampilannya yang tangguh dan menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Albiceleste.
 
Kendati demikian, turnamen ini tidak hanya menampilkan kualitas sepak bola yang tinggi, tetapi juga menegaskan dominasi dan pesona dari para bintang sepak bola Amerika Selatan.
 
Daftar pemain peraih penghargaan Copa America 2024

Pemain terbaik
- James Rodriguez (Kolombia)
 
Kiper terbaik
- Emiliano Martinez (Argentina)
 
Top Skor
- Lautaro Martinez (Argentina)
 
Daftar pencetak gol terbanyak Copa America 2024
- Lautaro Martinez (Argentina) - 5 gol
- Salomon Rondon (Venezuela) - 3 gol
 
Tim fair play Copa America 2024
- Timnas Kolombia
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024