Jakarta (ANTARA) -
Copa America yang diadakan pertama kali pada 1916, telah melahirkan juara dari berbagai negara yang ikut serta dalam kompetisi ini. Argentina dan Uruguay bahkan bisa menyegel gelar juara sebanyak 16 dan 15 kali untuk menjadi pengoleksi gelar terbanyak.

Selain Argentina dan Uruguay, terdapat negara lain yang pernah membawa pulang piala Copa America antara lain Brasil dengan sembilan piala, Paraguay, Chile, Peru yang masing-masing dua gelar. Adapun Kolombia dan Bolivia baru memenangkan satu trofi saja.
 
Namun, tidak semua negara peserta dan negara undangan mampu meraih kejayaan di turnamen ini.
 
Berikut daftar negara-negara yang belum pernah menjuarai Copa America sejak pertama kali diselenggarakan:
 
1. Ekuador
 
Ekuador merupakan salah satu dari sepuluh anggota CONMEBOL yang belum pernah mengangkat trofi Copa America. Sejak debut pada tahun 1939, Ekuador belum mampu mengukir namanya di piala bergengsi ini.
 
Prestasi terbaik mereka adalah mencapai semi-final pada tahun 1993 ketika mereka menjadi tuan rumah turnamen.

2. Venezuela

Sama halnya dengan Ekuador, Venezuela juga belum pernah mencicipi gelar juara Copa America. Tim ini terus berusaha memperbaiki performanya di turnamen internasional, namun masih harus menunggu untuk bisa menjadi yang terbaik di Amerika Selatan.
 
Meskipun sepak bola bukan olahraga utama di negara ini, Venezuela telah menunjukkan perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Pencapaian terbaik mereka terjadi pada tahun 2011, ketika mereka berhasil mencapai semifinal dan finis di posisi keempat.

Negara undangan dari zona Concacaf
​​​​​​​
Selain negara-negara dari Amerika Selatan, beberapa negara diundang (undangan) untuk berpartisipasi dalam Copa America dan belum pernah menjuarai turnamen ini, di antaranya:
 
1. Meksiko

Sebagai tim undangan yang sering berpartisipasi, Meksiko telah mencapai final pada 1993 dan 2001 tetapi belum pernah memenangkan gelar juara Copa America.
 
2. Honduras

Honduras juga pernah diundang untuk berpartisipasi dalam Copa America, namun belum pernah mencapai posisi juara.
 
3.Jamaika

Jamaika, sebagai salah satu negara undangan dari Karibia, masih belum mampu meraih gelar juara di kompetisi Copa America.
 
4.Panama
 
Meskipun memiliki tim yang kompetitif pada eranya, Panama masih belum berhasil menjuarai turnamen Copa America.
 
5. Kosta Rika

Kosta Rika, sebagai salah satu negara kuat di CONCACAF, belum pernah meraih trofi Copa America meskipun beberapa kali diundang untuk berpartisipasi.
 
6. Amerika Serikat

Kendati dua kali menjadi tuan rumah Copa America pada 2016 dan 2024, namun Amerika Serikat belum pernah meraih gelar juara.

7. Haiti

Haiti, yang beberapa kali berpartisipasi sebagai negara undangan, tetapi belum pernah menjadi negara undangan yang meraih posisi teratas di turnamen ini.

Negara peserta undangan bukan dari Benua Amerika
 
1. Qatar

Qatar sebagai negara Asia di luar benua Amerika memang pernah berlaga di Copa America 2019. Namun negara kaya minyak itu hanya berstatus sebagai peserta fase grup karena menempati posisi terbawah.
 
2. Jepang

Selain Qatar, Jepang pernah mencicipi ketatnya sepak bola di Benua Amerika pada 1999 dan 2019. Pada dua edisi itu Jepang tidak mampu lolos dari fase grup.
 
3. Australia

Australia pernah berstatus negara undangan untuk Copa America 2021 yang tergabung dalam grup bersama Bolivia, Uruguay, Paraguay, Chile dan Argentina. Namun Australia membatalkan keterlibatannya karena pandemi COVID-19 dan jadwal yang bertabrakan dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024