Kami ingin memberikan sumber pendapatan lain dalam meningkatkan perekonomian warga disabilitas netra. Selama ini kami sudah melaksanakan ada tiga pelatihan yang sudah kami lakukan diantaranya membuat telur asin, masak dan budi daya jamur
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan budi daya jamur kepada disabilitas tuna netra di Desa Asembakor, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pelatihan yang dilakukan dalam pertemuan rutin Pertuni itu diikuti oleh 16 orang terdiri dari unsur pengurus dan anggota dari Pertuni Kabupaten Probolinggo dan Pertuni Kota Probolinggo.

"Kami selalu berkolaborasi ketika pertemuan rutin. Target awal adalah 30 orang yang mendapat pelatihan, tetapi yang bisa hadir hanya separuhnya," kata Ketua Pertuni Kabupaten Probolinggo Moh. Anshori dalam keterangan tertulis di kabupaten setempat, Senin.

Untuk instruktur, lanjut dia, Pertuni menggandeng Miranti Dewi dari Mitra Bakti Pertuni Kabupaten Probolinggo yang merupakan seorang pengusaha jamur yang sudah berkompeten dan sudah paham bagaimana proses budi daya jamur.

"Disabilitas netra banyak mengandalkan perabaan, sehingga materi yang disampaikan banyak pengenalan alat mulai dari sarung tangan, pisau, sendok, cangkir dan lain-lainnya," tuturnya.

Sejumlah bahan pun juga dikenalkan dari mulai proses awal dari serbuk kayu, dedak atau padi halus dan kapur putih menjadi bahan tempat penanaman biji jamur.

"Kami menjelaskan bahan-bahannya hingga proses awalnya dan caranya bagaimana menanam biji jamur sampai menjadi jamur," katanya.

Ia menjelaskan pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengalaman baru atau memberikan hal yang berbeda karena selama ini disabilitas netra hanya fokus usaha pijat saja atau mungkin seni, padahal disabilitas netra juga bisa berbudi daya atau berwirausaha.

"Kami ingin memberikan sumber pendapatan lain dalam meningkatkan perekonomian warga disabilitas netra. Selama ini kami sudah melaksanakan ada tiga pelatihan yang sudah kami lakukan diantaranya membuat telur asin, masak dan budi daya jamur," ujarnya.

Anshori berharap disabilitas netra sudah tidak lagi hanya fokus di satu pekerjaan saja yakni memijat karena harus menunggu pasien, sehingga diharapkan bisa mencoba dunia wirausaha, termasuk kegiatan wirausaha budi daya jamur.

Baca juga: PLN Indonesia Power kembangkan UMKM dengan dorong disabilitas mandiri
Baca juga: Dompet Dhuafa gandeng warga desa kembangkan budi daya jamur
Baca juga: OIKN: Warga KIKN berminat besar budi daya jamur tiram

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024