Mataram (ANTARA) - Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta menyampaikan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berperan penting dalam pembangunan desa.

"Kementerian Desa menyadari peran penting dari Dinas PMD dalam proses pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat," kata Ivan, sapaan akrab Ivanovich Agusta saat menyampaikan laporan dalam Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-25 di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin.

Menurut dia, Dinas PMD berperan penting dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat karena menjadi ruang bagi warga untuk melahirkan beragam inovasi. Ia mencontohkan terdapat kepala dinas PMD yang mampu menyelesaikan peta desa provinsi dan ada pula kepala dinas PMD yang mengonsolidasikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-kabupaten.

"Ada juga yang berhasil mempraktikkan SDG's Desa se-kabupaten dan sebagainya," kata dia menambahkan.

Terkait dengan GTTGN ke-25, Ivan menyampaikan bahwa pameran tersebut tidak terlepas dari peran Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie.

"Di tahun 1999, oleh beliau, komunitas inovator desa berkelompok ke dalam pos pelayanan teknologi atau posyantek, sedangkan produk TTG terbaik dipamerkan dalam gelar DTTG Nusantara," kata dia.

Diketahui pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara merupakan upaya Kemendes PDTT untuk menggenjot inovasi dan teknologi yang lahir dari desa. Hal tersebut lantaran inovasi dan teknologi diyakini menjadi faktor percepatan kemajuan desa.

"Tahun ini, kategori lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna diikuti peserta dari 20 provinsi. Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan diisi peserta dari 17 provinsi. Adapun kategori Pos Pelayanan Teknologi diikuti 14 provinsi," ujar Ivan.

Berikutnya, GTTGN Ke-25 juga diikuti dengan penyelenggaraan Seminar Internasional SDG's Desa, Seminar Nasional untuk Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah, serta Business Meeting antara inovator GTTGN dan swasta.

Baca juga: Mendes ajak pemda & wartawan kolaborasi pemasaran teknologi tepat guna

Baca juga: Mendes sebut pendamping desa salah satu pilar penopang kinerja

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024