Jakarta (ANTARA) - Copa America merupakan turnamen sepak bola yang diadakan oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) yang diakui sebagai kejuaraan sepak bola antarnegara non-Eropa tertua di dunia.

Kompetisi antarklub tertua di dunia adalah Piala FA di Inggris, sedangkan Olimpiade Musim Panas pada 1908 tercatat menjadi kali pertama sepak bola diperlombakan dalam format turnamen antarnegara.

Copa America yang pertama kali digelar pada tahun 1916 awalnya dikenal dengan nama resmi Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan atau Campeonato Sudamericano de Futbol.

Melansir berbagai sumber resmi, Copa America ternyata kompetisi sepak bola internasional antarnegara yang lebih tua dibandingkan dengan Piala Dunia FIFA yang baru dimulai pada tahun 1930.

Sejarah Copa America

Copa America pertama kali diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina, pada tahun 1916 untuk memperingati 100 tahun hari kemerdekaan negara tersebut.

Pada awal penyelenggaraannya, turnamen ini hanya diikuti oleh negara-negara anggota CONMEBOL (Amerika Selatan), seperti Argentina, Brasil, Uruguay, Paraguay, Peru, Chili, Bolivia, Kolombia, Venezuela dan Ekuador.

Hingga pada tahun 1975, turnamen ini dikenal dengan nama Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan atau Campeonato Sudamericano de Futbol. Pada sejak itu, namanya berubah menjadi Copa America.

Turnamen ini diadakan secara berkala dan mengalami berbagai perubahan serta jumlah peserta. Seiring berjalannya waktu, jumlah peserta turnamen ini terus bertambah.

Sejak 1993, Copa America telah mengalami perubahan besar dalam lingkup partisipasinya dengan melibatkan negara-negara dari konfederasi lain, termasuk CONCACAF (Amerika Utara).

Awalnya, hanya negara-negara anggota CONMEBOL yang berpartisipasi, namun sejak tahun itu, tim dari konfederasi lain seperti CONCACAF dan AFC juga diundang sebagai peserta tamu.

Copa America semula diadakan setiap dua tahun sekali. Namun pada tahun 1959, Copa America pernah diadakan sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Meskipun jadwalnya pernah mengalami perubahan, pada tahun 2007 penyelenggaraan turnamen akhirnya disepakati untuk dilaksanakan setiap empat tahun sekali.

Setiap ajang turnamen Copa diadakan di negara yang berbeda-beda, dengan memberi kesempatan kepada tuan rumah untuk memamerkan kekayaan budaya mereka di panggung dunia.

Dengan lebih dari satu abad penyelenggaraan, Copa America tetap menjadi ajang yang mendunia serta menjadi salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia hingga saat ini.

Dalam sejarah Copa America, Argentina dan Uruguay merupakan negara yang mendominasi gelar juara.Tim Tango sebanyak 16 kali dan Uruguay 15 kali juara.

Lalu disusul Brasil yang telah meraih 9 gelar juara Copa America, sementara Peru, Paraguay, dan Chili masing-masing telah meraih 2 gelar.

Kemudian ada Bolivia dan Kolombia telah menjadi juara sebanyak 1 kali sejak turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 1916.


Baca juga: Juara Copa America adalah pensiun dengan cara sempurna, kata Di Maria

Baca juga: Argentina juara Copa America setelah kalahkan Kolombia di extra time

Baca juga: Laga final Copa America sempat tertunda gara-gara penonton ricuh

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024