Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap asal Amerika Serikat, Wiz Khalifa, ditangkap karena kepemilikan ganja saat tampil dalam sebuah festival musik di Rumania pada akhir pekan.

The Hollywood Reporter pada Minggu (14/7) mengutip siaran pers dari jaksa penuntut anti-kejahatan terorganisasi Rumania, DIICOT, yang menyebutkan bahwa Khalifa punya lebih dari 18 gram ganja (narkoba berisiko) dan mengonsumsi ganja yang dijadikan rokok kretek di panggung selama resital dalam festival musik di Resor Costinești, daerah Constanța.

"Kami tegaskan bahwa, selama seluruh proses pidana, orang-orang yang diselidiki memperoleh hak-hak prosedural dan jaminan yang diberikan oleh Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, serta praduga tak bersalah," demikian pernyataan jaksa dalam siaran pers tersebut.

Baca juga: Usher mengaku rutin berpuasa satu hari setiap pekan

Baca juga: Rapper Macklemore berikan dukungan bagi Palestina lewat lagu


Penggunaan ganja untuk keperluan rekreasional tergolong ilegal di Rumania, tempat Khalifa tampil dalam Festival Beach Please! pada Sabtu (13/7) malam waktu setempat.

Sebuah video yang beredar daring memperlihatkan penyanyi itu dikawal keluar dari tempat pertunjukan oleh pihak berwenang. Ia didakwa memiliki obat-obatan terlarang, tetapi kemudian dibebaskan dari tahanan.

Khalifa menyampaikan permintaan maaf melalui platform media sosial X menyusul kejadian itu, mengatakan bahwa dia tidak bermaksud tidak menghormati negara Rumania.

"Pertunjukan malam tadi luar biasa," tulis Khalifa di akun X.

"Saya tidak bermaksud tidak menghormati negara Rumania dengan menyalakannya di panggung. Mereka sangat hormat, dan membiarkan saya pergi. Saya akan segera kembali. Namun, tanpa menimbulkan masalah besar lain kali," katanya.

Baca juga: Usher raih penghargaan Lifetime Achievement di BET Awards 2024

Baca juga: Rapper 50 Cent unggah sampul album debut dengan gambar wajah Trump
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024