London, (ANTARA/PRNewswire)- Pengiriman OLED layar lebar berukuran di atas 9 inci diperkirakan akan meningkat 124,6% dari tahun ke tahun (YoY) pada tahun 2024, menurut laporan terbaru Large Area Display Market Tracker 1Q24 dari Omdia.

Sebagai akibat dari resesi global, layar kelas atas mengalami penurunan permintaan dan berdampak pada pengiriman OLED layar lebar yang turun 25,7% YoY pada tahun 2023. Satu-satunya pengecualian adalah monitor OLED yang memberikan kesempatan bagi berbagai produsen panel untuk mengalihkan fokus mereka dan membantu mengurangi defisit dari bisnis layar TV OLED sehingga meningkatkan pengiriman pada tahun 2023.

Mengomentari perubahan pasar ini, Peter Su, Analis Utama Senior menyatakan: "Semua aplikasi OLED layar lebar diperkirakan akan mengalami peningkatan pengiriman pada tahun 2024 kecuali yang termasuk dalam kategori 'Lainnya' seperti yang ditunjukkan pada diagram. Pertumbuhan ini akan didorong oleh aplikasi OLED di PC seluler seperti PC notebook dan PC tablet. Secara khusus, pengiriman OLED PC tablet diproyeksikan akan meningkat 294,0% YoY pada tahun 2024 sebagian besar disebabkan oleh versi baru OLED Apple iPad Pro. Berbagai produsen OLED juga menargetkan untuk meningkatkan OLED PC notebook sebesar 152,6% YoY dalam periode yang sama.

"Dengan meningkatnya permintaan untuk PC AI, maka permintaan untuk PC notebook kelas atas juga diperkirakan akan meningkat. Selain itu, berbagai produsen OLED yang merencanakan fabrikasi OLED IT Gen 8.6 meningkatkan target pengiriman OLED PC notebook mereka tahun ini  sebagai persiapan untuk produksi massal fabrikasi tersebut. OLED monitor juga diperkirakan akan meningkat pengirimannya sebesar 139,9% YoY pada tahun 2024. Meskipun pengiriman layar TV OLED diperkirakan akan meningkat 34,8% YoY pada tahun 2024, angka ini masih lebih rendah dari tahun 2022. Oleh karena itu, berbagai produsen panel perlu meningkatkan produksi OLED monitor untuk memaksimalkan kapasitas fab OLED Gen 8.5 mereka."

Large area OLED unit shipment share forecast by maker in 2024

Samsung Display diproyeksikan akan memegang pangsa terbesar dari pengiriman unit OLED layar lebar sebesar 52,5% pada tahun 2024, diikuti oleh LG Display sebesar 33,1% dan EDO sebesar 10,1%. Produsen Korea berharap untuk mendominasi pengiriman OLED layar lebar dengan pangsa 85,6% tahun ini, turun dari 88,2% pada tahun 2023. Penurunan ini disebabkan oleh meningkatnya kehadiran  produsen panel Tiongkok, yang pangsanya kami perkirakan akan meningkat dari 11,8% pada tahun 2023 menjadi 14,4% pada tahun 2024. Produsen panel Tiongkok berfokus pada pengiriman OLED PC tablet dan notebook karena mereka berencana untuk mendirikan pabrik OLED IT Gen 8.6 dalam waktu dekat.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech, sebuah kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.  Fasiha Khan Fasiha.khan@informa.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024