Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Barat menyosialisasikan pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2024 kepada warga dan instansi terkait termasuk personel Suku Dinas Perhubungan setempat di Kembangan, Jakarta Barat, pada Minggu.

Operasi Patuh Jaya yang dimulai 15 Juli sampai 28 Juli 2024 itu ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas.

"Dalam Operasi Patuh Jaya 2024 terdapat 14 target operasi yang akan menjadi fokus utama penindakan," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ridha Aditya.

Pertama adalah melawan arus, kemudian berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan telepon seluler (hp) saat mengemudi, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak menggunakan sabuk keselamatan dan melebihi batas kecepatan.

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.938 personel dalam Operasi Patuh Jaya 2024

Selanjutnya, berkendara di bawah umur atau tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), berboncengan lebih dari satu orang dan kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memenuhi laik jalan. Kendaraan roda dua atau empat yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta melanggar marka jalan.

Lalu memasang rotator dan sirine bukan untuk peruntukannya, menggunakan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) palsu dan penertiban parkir liar.

Ridha mengemukakan pentingnya kerja sama dan koordinasi antara Polres Metro Jakarta Barat dan Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat dalam pelaksanaan operasi ini.

"Operasi Patuh Jaya 2024 bukan hanya tentang penindakan hukum, tetapi juga upaya edukasi dan pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan," ujar dia.

Baca juga: Dirlantas sebut lawan arus masih dominasi pelanggaran operasi patuh

Menurut Ridha, sosialisasi itu juga dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para personel Sudinhub mengenai mekanisme pelaksanaan operasi serta target-target yang akan menjadi fokus penindakan.

"Dengan pemahaman yang baik diharapkan seluruh personel dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal dan efektif," katanya.

Ridha juga mengajak masyarakat Jakarta Barat untuk mendukung Operasi Patuh Jaya 2024 dengan mematuhi peraturan lalu lintas.

"Keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama. Mari kita ciptakan lingkungan lalu lintas yang tertib dan aman untuk kita semua," kata dia.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024