Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani), Ita Yuliati, mengatakan bahwa atlet senam artistik Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Rifda Irfanaluthfi, sudah mencoba empat alat selama pemusatan latihan (TC) di Belanda.
 
Ia membeberkan, perwakilan Indonesia satu-satunya untuk cabang olahraga tersebut, sehingga lebih mempersiapkan diri dengan matang untuk mentas di ajang olahraga multi event paling bergengsi di dunia, yang diselenggarakan pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang.
 
"Selama di Belanda dia (Rifda) sudah mencoba atau latihan empat alat," kata Ita usai mengikuti kegiatan Penutupan Indonesia Open Gymnastics 2024 di Lapangan Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu.
 
Lebih lanjut Ita membeberkan, dirinya juga sudah berkomunikasi dengan Rifda pada Sabtu (13/7) malam lalu.
 
Ia mengungkapkan, dalam komunikasi itu Rifda sempat mengaku kecapekan dan sedikit ada masalah di lututnya.
 
"Namun, dia juga mengaku secara keseluruhan telah siap untuk mengikuti Olimpiade nanti," ujar Ita yang merupakan mantan atlet senam nasional.
 
Ia menambahkan, Persani selalu berupaya keras untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan Rifda, sehingga bisa fokus menjalani persiapan.
 
"Rifda akan bertanding pada 28 Juli," kata Ita.
   
Sementara itu, dalam pertandingan senam artistik, empat alat yang digunakan, yaitu kuda lompat (vaulting horse), palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), dan lantai (floor exercise).
 
Rifda Irfanaluthfi merupakan atlet senam Indonesia pertama yang mengukir sejarah, karena berhasil lolos ke Olimpiade.
 
Bahkan, dia lolos bukan dari jalur undangan, melainkan berjuang dalam babak Kualifikasi Olimpiade.
 
Untuk bisa membuat Lagu Indonesia Raya berkumandang di Paris, PB Persani sangat mempersiapkan dengan matang latihan atlet tersebut.
 
Rifda bersama pelatihnya Eva Novalia diberangkatkan ke Heerenveen, Belanda untuk berlatih dengan fokus sebelum ke Paris, Prancis.
 
Belanda dipilih sebagai tempat pemusatan latihan, karena adaptasi cuaca akan lebih mudah dilakukan.
 
Selain itu, alat-alat di lokasi itu disebut bagus untuk latihan, serta dekat dengan Paris.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi semakin percaya diri jelang tampil di Paris

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi semakin percaya diri jelang tampil di Paris

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024