Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, mengajak semua masyarakat Indonesia untuk mendoakan 29 atlet yang tampil atau bertanding dalam Olimpiade Paris 2024, yang diselenggarakan pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang.
 
Ia mengimbau doa dan dukungan itu bisa dilakukan setiap masyarakat Indonesia, agar semua atlet yang ikut Olimpiade, termasuk atlet gimnastik Rifda Irfanaluthfi, bisa diberikan kesehatan dan membawa prestasi yang gemilang saat pulang ke Indonesia.
 
"Semoga mereka bisa membawa prestasi yang gemilang dan pulang ke Indonesia dengan bangga, guna menjadi catatan sejarah untuk pencapaian prestasi olahraga nasional," kata pria yang kerap disapa Okto itu usai mengikuti Penutupan Kejuaraan Senam Indonesia Open Gymnastics 2024 yang diselenggarakan PB Persani untuk ketiga kalinya, di Lapangan Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Minggu sore.
 
Ia mengungkapkan, sebelum berangkat ke Paris, para atlet tersebut juga sudah melalui fase yang cukup berat dengan berhasil menyisihkan para pesaing dari berbagai negara dalam kualifikasi, guna bisa tampil di Olimpiade.
 
"Dari sekian miliar lebih manusia di bumi, hanya 10.672 atlet yang berhasil lolos Olimpiade dan 29 di antaranya berasal dari Indonesia. Dan mereka akan bertanding di antara total 329 nomor dari 32 cabang olahraga," ujar dia.


Baca juga: Joe Aditya dipasangi target minimal pecahkan rekornas di Olimpiade
 
Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sudah sepatutnya bangga dengan pencapaian itu, serta mendukung perjuangan mereka.
 
Jumlah atlet yang berangkat dalam edisi Olimpiade kali ini merupakan terbanyak bagi Indonesia dalam 20 tahun terakhir atau terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.
 
Total 29 atlet yang berangkat ke Paris, Prancis, terbagi dari 12 cabang olahraga, di antaranya bulu tangkis, panjat tebing, angkat besi, akuatik, senam/gimnastik, dan judo.
 
Sebanyak 29 atlet itu, terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade yang lalu.

Sedangkan total keseluruhan dalam kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.
 
Kontingen Indonesia sudah mulai berangkat bergiliran sesuai cabang olahraga sejak Sabtu (13/7) lalu.
 
Sebelum berlaga di Olimpiade, sebagian atlet juga akan mengikuti pemusatan latihan nasional (TC) di luar negeri.

Baca juga: Menpora yakin semua atlet sudah siap bertanding di arena Olimpiade

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024