Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, menyambut kepulangan jamaah haji kloter 17 yang telah menunaikan ibadah haji dari tanah suci dengan keadaan selamat.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Ahad mengatakan setelah menempuh perjalanan udara selama delapan jam dari tanah suci, 22 orang  haji Kota Solok yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Padang telah tiba di tanah air.

Setelah mengikuti prosesi serah terima di Asrama Haji Padang, satu unit bus yang membawa rombongan haji terakhir dari Kota Solok akhirnya sampai kembali di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Kedatangan jamaah haji yang sudah ditunggu keluarga masing-masing membuat nuansa haru dan suka cita di antara mereka yang sempat berpisah selama lebih kurang 40 hari lamanya.

Ramadhani mengungkapkan rasa syukurnya atas kepulangan 22  haji yang telah menyelesaikan rukun Islam ke lima dari tanah suci kembali ke Kota Solok dalam keadaan sehat walafiat.

"Semoga seluruh jamaah kembali dengan membawa predikat haji dan hajjah yang mabrur," katanya.

Baca juga: Kemenag: 13 peserta haji Jambi meninggal di Tanah Suci

Ia juga berharap  jamaah dapat terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan sehingga saat kembali di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi teladan dan membawa dampak positif dalam kehidupan sosial masyarakat.

Ramadhani tak lupa memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan petugas haji dari Kemenag Kota Solok dan jajaran Pemkot Solok yang telah sabar mendampingi, membantu, dan melayani jamaah haji sejak pemberangkatan, selama di  tanah suci, hingga kembali ke tanah air.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Mustafa yang ikut serta menyambut jamaah haji di Bandara Internasional Minangkabau berpesan kepada jamaah haji agar dapat mengamalkan apa yang telah didapat saat di tanah suci, seperti ketakwaan kepada Allah SWT, kesabaran, dan rasa persaudaraan.

"Kami sangat menghargai dan mengakui usaha serta ketabahan jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji dengan baik," ujar dia.

Ia meminta untuk mempertahankan status haji dengan melakukan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari dan mendoakan untuk keselamatan, kesuksesan dan kelancaran untuk jamaah haji tahun depan.

Sebelumnya, sebanyak 113 haji asal Kota Solok, bersama dua tenaga kesehatan dan satu pendamping haji daerah yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Padang juga telah kembali ke tanah air pada hari Selasa, 9 Juli 2024 lalu.

Baca juga: Pengamat nilai layanan penerbangan haji Garuda sudah baik
Baca juga: Muhammadiyah harap pembentukan Pansus Haji tidak bermuatan politis

 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024