Jakarta (ANTARA) - Realisasi perolehan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) dari petugas operasional kelurahan, kecamatan dan Satuan Laksana (Satlak) Pendidikan di Pemerintah Kota Jakarta Pusat ( Pemkot Jakpus) hingga kini mencapai Rp5,5 miliar.

"Realisasi perolehan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Pusat hingga Juni 2024 berkisar Rp5,5 miliar atau sekitar 48 persen dari target Rp11,5 miliar," kata Koordinator BAZNAS (BAZIS) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Raja Zamzami saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Zamzami menyebutkan, perolehan ZIS di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat pada 2024 ini ditargetkan sebesar Rp11,5 miliar.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan evaluasi kegiatan pengumpulan ZIS bagi petugas operasional untuk mendiskusikan terkait optimalisasi pengumpulan.
 
"Kalau target keseluruhan 2024 mencapai Rp38 miliar. Realisasinya hingga Juni sekitar Rp15,2 miliar atau baru 40 persen," ujar Zamzami.

Baca juga: Pemkot Jakbar galang zakat dari kalangan ASN
 
Selain itu, BAZNAS (BAZIS) Kota Administrasi Jakarta Pusat juga terus berupaya meningkatkan capaian dengan menggelar beragam kegiatan.

Hal itu weperti pada akhir bulan ini, kata Zamzami akan diadakan festival Muharram yang diisi dengan beragam kegiatan.
 
Festival Muharram itu rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 30 dan 31 Juli, serta 1 Agustus 2024.

Zamzami berharap, kegiatan ini bisa mendongkrak realisasi perolehan ZIS 2024 secara signifikan.
 
"Kalau dihitung berdasarkan perolehan bulanan 2024 dibandingkan 2023 memang ada kenaikan sekitar 13 persen. Di periode sama tahun 2023 realisasinya baru sekitar Rp13,4 miliar," ucap Zamzami.

Baca juga: Pengumpulan ZIS di DKI Jakarta naik 15 persen
 
Sebelumnya, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi mengaku, telah meminta kepada wilayah yang belum mencapai target untuk segera mengoptimalkan perolehan.

Hal itu karena dana ZIS telah berperan dalam membantu masyarakat dan juga pemerintah.
 
"Bagi wilayah yang belum mencapai target tolong segera dioptimalkan agar target ZIS 2024 ini bisa terpenuhi," kata Reza.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024