Makassar (ANTARA) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 27 Debarkasi Ujung Pandang (UPG) asal Provinsi Maluku tiba di Tanah Air dan mendarat melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Djumadi Wali yang datang menjemput jamaah haji tersebut mengatakan jika pemulangan ke daerah asal masing-masing masih harus menunggu pesawat lanjutan yang telah dicarter khusus.

"Untuk embarkasi melalui Makassar dan begitu juga saat debarkasi melalui Makassar. Selanjutnya, seluruh jamaah haji kita ini diterbangkan lagi ke Maluku dengan pesawat carteran," ujarnya.

Djumadi mengatakan sebanyak 447 orang haji mengisi kloter 27 itu terdiri atas 437 orang asal Provinsi Maluku, 1 orang asal Gorontalo, 5 petugas kloter dan 4 petugas haji daerah (PHD).

Kemudian 2 haji lainnya di kloter 27 ini wafat di Arab Saudi atas nama Bairadja Lating (73) dan Sin Kakiay (64).

Baca juga: Pemprov sambut kepulangan jamaah haji Maluku Utara di Ternate
Baca juga: PPIH Debarkasi UPG terima jamaah haji Kloter 42 dari empat provinsi


Menurut Djumadi Wali jamaah haji Maluku akan transit di Bandara Hasanuddin selama 4 jam, kemudian diterbangkan ke Ambon dengan pesawat carter.

"Setelah tiba di Makassar, jamaah akan dipulangkan dengan tiga penerbangan menggunakan pesawat carter ke bandara Pattimura Ambon. Kemudian masuk ke Asrama Haji Waiheru sebelum bertolak ke kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Untuk calon haji asal Maluku yang diterbangkan ke Arab Saudi sebanyak 1.082 orang.

Jamaah asal Maluku untuk tahun ini tidak lagi transit di Asrama Haji Makassar sejak provinsi tersebut ditetapkan sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA) berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 164 Tahun 2024.

Jemaah haji Provinsi Maluku sebanyak itu dipulangkan ke tanah air dalam 3 kloter, yakni kloter 27 tiba hari ini Sabtu, 13 Juli 2024, kloter 30 tiba tanggal 15 Juli dan terakhir melalui kloter 32 bersama jemaah haji Sulawesi Selatan asal Kabupaten Wajo, Makassar, Barru dan Sidrap, tiba tanggal 16 Juli 2024.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024