FK Unsri yang berada di bawah naungan ISMKI, sudah sepantasnya melaksanakan dan mendukung penuh program kerja ini
Palembang (ANTARA) - Departemen Pengembangan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) kembali menggelar rangkaian acara tahunan Bulan Bakti ISMKI 2024 guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pola hidup sehat.

Ketua Panitia Pelaksana Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024 Putri Suci Rhamadan didampingi wakilnya Akbar Triandra di Palembang, Sabtu, mengatakan kegiatan itu atas inisiatif oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) sebagai simbol pengabdian mahasiswa FK kepada masyarakat.

"FK Unsri yang berada di bawah naungan ISMKI, sudah sepantasnya melaksanakan dan mendukung penuh program kerja ini," katanya.

Ia menjelaskan pada tahun ini, tema besar yang diangkat yaitu mengenai diabetes melitus. Untuk Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024, mengusung tema yaitu GLUCOSE: Get Living Up, Cut Out Sugar Excess.

Rangkaian acara Bulan Bakti ISMKI FK Unsri telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan penuh yang terdiri atas kegiatan pra-acara, puncak acara, dan pascaacara. Kegiatan ini dimulai dengan pra-acara yang berlangsung dari tanggal 1–10 Juni 2024 dengan agenda kampanye kesehatan melalui media sosial.

Kampanye kesehatan ini juga dilakukan dengan mengajak beberapa radio di Kota Palembang untuk bekerja sama, di antaranya adalah El John, Trax 95.1 FM, Pro 2 RRI, Global Radio 101.0 FM, dan Sonora Palembang.

Baca juga: Novo Nordisk tanda tangani MoU dengan Bio Farma produksi obat diabetes

Kemudian, terdapat podcast bersama dr. Dani Gemilang Kusuma yang membahas mengenai fakta atau mitos seputar diabetes melitus. Pembuatan podcast ini dilakukan bersama dengan Medifka FK Unsri. Lalu, terdapat live instagram bersama Dr. dr. Desi Oktariana, M. Biomed yang berisi QnA seputar diabetes melitus dengan total penonton sebanyak 242 orang.

Kegiatan puncak acara dilaksanakan di 2 SMA di Kota Palembang yang didukung oleh Ikatan Diabetes Anak dan Remaja Sumatera Selatan. Pada 12 Juni 2024, kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang dengan seminar berjudul GRAPE: Get Ready, Prevent Diabetes Melitus Through Education.

Seminar ini diisi oleh dr. Aditiawati, Sp.A (K) selaku Ketua Ikatan Diabetes Anak dan Remaja Sumatera Selatan yang mengajarkan pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang sebagai upaya pencegahan diabetes melitus. Selain seminar, kegiatan ini juga menyediakan pemeriksaan gula darah gratis dengan tujuan untuk mendeteksi dini kadar gula darah para siswa/i berkaitan dengan penyakit diabetes melitus.

Pada hari dan tempat yang sama, kegiatan Pelatihan dengan tema Empowering Health: Mastering Blood Sugar Screening Techniques juga dilaksanakan kepada para siswa PMR dan KKR SMA Negeri 1 Palembang.

Baca juga: Edukasi penyakit diabetes mudahkan penanganannya

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar mendapatkan ilmu mengenai tata cara dalam melakukan pemeriksaan gula darah secara langsung. Kegiatan ini diakhiri dengan games edukatif untuk memaksimalkan pemahaman mereka terhadap materi yang telah diberikan.
Puncak acara berupa kegiatan seminar, pelatihan, dan pemeriksaan gula darah di SMA Negeri 1 Palembang. (ANTARA/HO-Panitia Bulan Bakti ISMKI FK Unsri)

Lalu, pada 13 Juni 2024, acara dilanjutkan di SMA Negeri 3 Palembang dengan seminar ODYSSEY: Obesity and Diabetes Understanding for Youth. Seminar ini diisi oleh dr. Yulisnawati Hasanah, Sp. A (K), M. Kes selaku Dokter Pendidik Klinis Muda yang menyampaikan materi mengenai hubungan antara obesitas dan diabetes melitus dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dampak buruknya obesitas terhadap kesehatan seseorang.

Selain seminar, terdapat penampilan drama teatrikal mengenai hormon yang menjaga kadar gula darah, games edukatif, dan pemeriksaan kadar gula darah secara gratis yang diharapkan dapat meningkatkan semangat para siswa/i untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Kegiatan Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024 ditutup dengan dilakukannya pasca acara. Pasca-acara ini telah dilaksanakan di Kambang Iwak Besar pada tanggal 7 Juli 2024. Kegiatan pasca-acara ini diadakan dengan berkolaborasi bersama Yayasan Jantung Indonesia dan TBM Sriwijaya.

Baca juga: Pasien diabetes manfaatkan jaminan pengobatan JKN selama enam tahun

Kegiatan yang dilakukan terdiri atas senam bersama, pemeriksaan gula darah dan tekanan darah secara gratis, serta pembagian susu rendah lemak gratis kepada lebih dari 100 orang masyarakat umum. Selain itu, kegiatan edukasi secara keliling juga dilakukan melalui pemberian pamflet mengenai “Mari Kenali Diabetes dan Hipertensi” oleh para panitia Bulan Bakti ISMKI FK Unsri 2024.

"Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pola hidup sehat dan mengurangi kebiasaan konsumsi gula secara berlebih, khususnya pada kalangan remaja," kata dia.

Dekan FK Unsri, dr Syarif Husin, M.S mengatakan komitmen FK Unsri untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024