Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS) membangun sumur bor di wilayah kesulitan air bersih pada program TNI Manunggal Air Bersih di Desa Pakuan Timur, Kecamatan Angkinang, Kabupaten HSS, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Komandan Kodim HSS Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Sabtu, mengatakan pembangunan sumur bor ini sebagai solusi atas kesulitan masyarakat selama ini untuk mendapatkan air bersih.

Baca juga: KSAD targetkan 1.000 titik sumur bor program TNI AD Manunggal Air

“Saya intensif memantau proses pembangunan sumur bor ini, sudah tahap pengeboran. Sarana air bersih ini secepatnya dapat digunakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dia menyebutkan program ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“TNI Manunggal Air Bersih ini merupakan salah satu penjabaran program unggulan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dengan maksud memberikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat,” ucap Bayu.

Baca juga: TMMD Kodim HSU bangun sumur bor dan PDAM di wilayah kekeringan

Oleh karena itu, kata dia, kesulitan mengakses air bersih di Desa Pakuan Timur itu akan segera teratasi.

Dengan adanya fasilitas sumur bor ini, Bayu memastikan masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih seperti sebelumnya, terutama saat kemarau melanda daerah ini.

Dia mengatakan pembangunan sumur bor tidak hanya dilakukan oleh personel TNI, tetapi juga melibatkan masyarakat sekitar.

Baca juga: Danrem 161/Wira Sakti resmikan sumur bor di Kabupaten Kupang

“Dengan adanya sarana air bersih, masyarakat tidak lagi resah dengan kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024