Kota Bogor (ANTARA) - Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HAE) IPB University menggelar kegiatan "Bogor Go Green" kedelapan di lokasi wisata Situ Gede, Kota Bogor, Jawa Barat.

Ketua Umum HAE IPB Bambang Hendroyono di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen bersama para alumnus di HAE IPB dalam kepedulian lingkungan.

Ia menyebut "Bogor Go Green" tahun ini bertema "Hijau Tanpa Sampah" dengan berbagai aksi nyata, seperti menanam pohon, menyebar bibit ikan nila, dan bersih-bersih sekitar danau.

“Komitmen kita semua dengan 'Bogor Go Green' ke-8 kita kedepankan kolaborasi untuk aksi-aksi nyata peduli lingkungan dan kita namakan hari ini ada aksi bersih-bersih, tanam pohon,” ujarnya.

Baca juga: KLHK kenalkan Sekolah Adiwiyata di World Water Forum

Ia berharap, kegiatan yang bermitra dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini terus berlanjut.

Terlebih, ujar dia, pada kegiatan kali ini digelar di kawasan Situ Gede yang strategis, di mana terdapat danau yang berdampingan dengan kawasan Cifor sebagai kawasan hutan terjaga.

“Sehingga aksi-aksi nyata dan peduli ini langsung terlihat bagaimana menjaga hutan tetap terus lestari dan danaunya tetap bersih, ada masyarakatnya juga,” ujar Bambang yang juga menjabat sebagai Sekjen KLHK itu.

Penjabat Wali Kota Bogor Hery Antasari menyambut baik kolaborasi untuk aksi nyata HAE IPB.

Menurut dia, peran serta IPB University dan para alumnus terasa dalam pembangunan dan menjaga lingkungan Kota Bogor.

“Terlebih tahun ini temanya 'Hijau Tanpa Sampah', nyambung sekali dengan program Pemkot Bogor. Terutama di periode pj ini, saya ingin melengkapi, menambahkan proses bisnis pengelolaan persampahan yang mungkin belum maksimal dan optimal,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Bogor yang juga alumnus Fakultas Kehutanan IPB University Atang Tirsnanto berterima kasih kepada HAE IPB atas kegiatan itu.

“Sebagai alumni saya berkewajiban melancarkan kegiatan 'Bogor Go Green'. Insyaallah bagian dari ikhtiar untuk membawa Bogor hijau tanpa sampah,” kata dia.

Baca juga: Buku "Bersuara Untuk Udara" tingkatkan kesadaran peduli lingkungan
Baca juga: Kementerian LHK ajak masyarakat peduli kelestarian lahan basah


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024