Jakarta (ANTARA) - Timnas Kanada akan menghadapi Uruguay pada partai perebutan tempat ketiga Copa America 2024 di Stadion Bank of America, Charlotte, Karolina Utara, Minggu pukul 07.00 WIB.

Pertandingan ini dapat dibilang sebagai partai penebusan bagi kedua negara yang gagal melaju ke laga final, sekaligus menyudahi perjalanan mereka di Copa America dengan medali perunggu.

Kanada diketahui tak bisa membendung dominasi Argentina setelah takluk dengan skor 0-2, sementara Uruguay harus menerima kekalahan menyakitkan dari Kolombia 0-1.

Kemenangan pada pertandingan perebutan tempat ketiga nantinya dapat membuat baik Kanada atau Uruguay pulang ke negaranya dengan rasa bangga serta kepala tegak.

Bertemu dua kali
Para pemain timnas Uruguay saat latihan sehari menjelang laga semifinal Copa America 2024 kontra Kolombia di Sportsplex Matthews, Matthews, North Carolina, pada 9 Juli 2024. (Photo by TIMOTHY A. CLARY / AFP) (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Pertandingan perebutan tempat ketiga Copa America 2024 yang mempertemukan Kanada dengan Uruguay menjadi pertemuan ketiga bagi kedua negara.

Meski dapat dibilang berada dalam satu kesatuan benua, pertemuan pertama kedua negara terjadi pada turnamen Miami Cup pada tahun 1986 silam.

Pada pertandingan tersebut, Kanada tercatat harus menelan kekalahan dari Uruguay dengan skor telak 0-3 akibat gol-gol yang dicetak oleh Carlos Aguilera, Santiago Ostolaza dan Jose Luis Zalazar.

26 tahun berselang, dua negara ini kembali bertemu dengan tajuk laga persahabatan, tepatnya pada 27 September 2022, dan Uruguay kembali keluar sebagai pemenang berkat gol Nicolas de la Cruz serta Darwin Nunez.

Di sisi lain, pertandingan semifinal ini menjadi peluang untuk Kanada menciptakan sejarah dengan mengalahkan Argentina untuk pertama kalinya.

Jika pada akhirnya Kanada mampu memenangkan pertandingan, mereka akan merasakan peringkat ketiga pertama mereka sepanjang keikutsertaan pada ajang Copa America.

Sementara itu, andai Uruguay yang keluar sebagai pemenang, maka Darwin Nunez serta kolega akan mencatatkan tempat ketiga Copa America kesepuluh mereka setelah terakhir kali mendapatkan itu pada tahun 2004 silam.

Baca juga: Gol Jefferson Lerma bawa Kolombia ke final untuk tantang Argentina
Baca juga: Gol Messi dan Alvarez antar Argentina ke final Copa America

Selanjutnya: Berupaya ciptakan sejarah

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024