Palangka Raya (ANTARA) -
Sekda Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin mengatakan pers tidak hanya sebagai bagian dari pembangunan, melainkan mitra pemerintah dalam menjalankan program pembangunan.
 
"Pers berperan penting dalam mencerdaskan masyarakat agar lebih kritis terhadap situasi yang terjadi," katanya dalam konferensi dan pelantikan kepengurusan baru PWI Kalteng periode 2024-2029, yang dihadiri Ketua PWI Pusat Hendry Chaerudin Bangun di Palangka Raya, Sabtu.

Baca juga: PWI Pusat: Wartawan profesional miliki sertifikasi dan berorganisasi
 
Nuryakin berharap PWI Kalteng memiliki program kerja efektif guna mendorong hadirnya karya-karya jurnalistik berkualitas.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan PWI Kalteng merupakan salah satu mitra strategis pemerintah daerah, dan sebagai organisasi pers terbesar, PWI juga diharapkan berdiri di garis depan dalam mendukung setiap gerak pembangunan.
 
PWI Kalteng juga diminta mampu menghadirkan wartawan profesional, yang akhirnya berimbas pada keberlangsungan pembangunan yang lebih efisien, akuntabel dan transparan.
 
Menurutnya, dewasa ini sistem penyebaran informasi kian modern, dan tidak lagi didominasi media media mainstream, seperti media cetak, radio dan televisi, tetapi sudah berkembang dengan munculnya media-media sosial dengan ragam informasi cepat dan mudah diakses.
 
Tak heran jika semua orang bisa mengklaim sebagai wartawan. Akibatnya, potensi pelanggaran hukum atas kebebasan itu semakin sering terjadi, sehingga inilah yang membuat citra pers menjadi terusik.
 
"Untuk mengatasi hal tersebut, peran PWI sebagai wadah berkumpul, membina, mendidik dan meningkatkan kapasitas wartawan agar tugas-tugas jurnalistik yang dijalankan anggotanya tidak berbelok arah ke jalan yang salah," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalteng resmi menjadi Anggota Kehormatan PWI

Baca juga: UMPR permudah warga Kalteng untuk akses pendidikan tinggi
 
PWI menjadi tumpuan harapan sebagai organisasi yang memiliki anggota paling banyak di negeri ini. PWI Kalteng pun tentunya tidak boleh tinggal diam melihat fenomena yang berkembang.
 
Ia mengatakan PWI Kalimantan Tengah harus menyesuaikan programnya dengan kondisi yang ada agar proses pembinaan dan penguatan kepada anggotanya lebih berdaya guna dan tepat sasaran.
 
Sementara itu, Muhamad Zainal terpilih dan dilantik sebagai Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2024-2029 bersama pengurus lainnya.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024