Potensi SDA lokal dari Kabupaten Mimika yakni tas khas Papua (Noken) dan sagu, ini merupakan potensi SDA lokal yang dapat diolah menjadi produk UMKM berkualitas
Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, minta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah ini, untuk dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) lokal sebagai produk unggul.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Mimika Innosensius Yoga Pribadi di Timika, Sabtu, mengatakan, pemerintah berharap agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan produk lokal sebagai ciri khas daerah yang unggul, memiliki daya saing dan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat.

"Potensi SDA lokal dari Kabupaten Mimika yakni tas khas Papua (Noken) dan sagu, ini merupakan potensi SDA lokal yang dapat diolah menjadi produk UMKM berkualitas," katanya.

Menurut Innosensius, peran serta pemerintah juga menjadi sangat penting dalam mendukung pengembangan produk UMKM unggulan dari Kabupaten Mimika.

"Dengan mengembangkan produk lokal menjadi unggulan dapat berhasil melalui kajian mendalam dan mendapat dukungan pemerintah serta pemangku kepentingan," ujarnya.

Dia menjelaskan, pemerintah juga mendorong promosi produk unggulan Kabupaten Mimika, sehingga semakin dikenal dan mendapat pasar ekspor.

"Promosi menjadi bagian terpenting dalam memperkenalkan produk unggulan daerah, pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasaran," katanya lagi.

Ketua Panitia Ritha Palindang menambahkan, pihaknya melakukan sosialisasi sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat agar menjalankan UMKM dapat mengembangkan produk unggulan yang dipasarkan.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM dalam aplikasi E-Katalog, jadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan mengadakan kegiatan nanti dapat menampilkan produk tersebut pada kegiatannya," katanya.

Baca juga: Plt Bupati Mimika minta OPD evaluasi program dan anggaran sesuai RPJMD
Baca juga: Dinas PUPR Mimika targetkan alirkan air bersih ke 50.000 rumah
Baca juga: Diskop UMKM sebut sari buah merah oleh-oleh khas Mimika

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024