Bali (ANTARA) - Atlet selancar ombak Rio Waida mengaku semakin percaya diri untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024 usai meraih hasil positif saat berkompetisi di kejuaraan Liga Surfing Dunia World Surfing League (WSL) di pantai Teahupoo, Tahiti, beberapa waktu lalu.

Pantai Teahupoo, Tahiti, French Polynesia, akan menjadi lokasi Olimpiade Paris 2024, yang akan berlangsung pada 27 Juli-8 Agustus.

Dalam WSL Tahiti Pro yang berlangsung akhir Mei itu, Rio berhasil tembus 16 besar setelah mencatatkan dua ombak terbaiknya 7,17 dan 6,87 dengan total 14,04 poin.

"Saya masuk quarter lebih dari ekspektasi saya, jadi saya sangat senang, tentu saya lebih confidence, lebih percaya diri lah," kata Rio dalam acara "Berselancar bareng Rio Waida" bersama Samudera Indonesia di Bali, Sabtu.

"Karena saya sudah tes ombak, sudah tes papan, dan sudah bekerja keras dengan coach, strategi dan cara baca ombak, jadi saya lebih confidence untuk Olimpiade."

Pada WSL Rio Pro di di Saquarema, Rio de Janeiro, Brasil, peselancar blasteran Indonesia-Jepang itu juga berhasil tembus 16 besar, sehingga hal itu juga membawa kepercayaan diri bagi dirinya.

Terlebih, dalam ajang itu Rio berhasil mengalahkan peselancar Italia Leonardo Fioravanti yang akan dia hadapi dalam babak pertama Olimpiade Paris.

"Persaingan babak pertama biasa saja karena sudah sering main bareng dan sudah sering tanding sama mereka. Walaupun dengan siapa saya bertanding sama saja gitu," kata Rio.

Baca juga: Rio Waida perkuat massa otot jelang Olimpiade 2024

Dalam undian babak pertama Olimpiade Paris 2024, Rio akan berkompetisi di Heat 8 bersama peselancar Jepang Reo Inaba dan Fioravanti, yang bisa jadi kompetitor kuat.

Baik Rio maupun Fioravanti berhasil lolos untuk mewakili negara masing-masing dalam Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021 lalu. Keduanya juga sama-sama melaju hingga babak 16 besar Olimpiade, yang diundur satu tahun karena pandemi COVID-19 itu.

Sedangkan dalam WSL Rio Pro yang berlangsung akhir Juni, Rio berhasil unggul atas Fioravanti pada babak pertama dan babak eliminasi.

"Dia (Fioravanti) punya banyak pengalaman," ujar Rio.

"Lebih pede (percaya diri) karena sudah mengalahkan dia. Sebelumnya, saya belum pernah mengalahkan dia, jadi sebelum Brasil itu masih ragu-ragu tapi di Brasil sudah mengalahkan dia di babak pertama dan babak eliminasi."

Baca juga: Persiapan peselancar Bali Rio Waida berlaga di Olimpiade 2024
Baca juga: Paris pecahkan rekor penjualan tiket Olimpiade sepanjang masa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024