Jakarta (ANTARA) - Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa mengatakan penyelenggara Copa America harus bertanggung jawab atas kericuhan yang terjadi pada laga semifinal antara Uruguay vs Kolombia, Kamis (11/7).

Mantan pelatih Leeds United juga mengecam Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yang akan menjatuhkan sanksi kepada timnas Uruguay atas kericuhan yang terjadi setelah pertandingan yang dimenangkan Kolombia dengan skor 1-0 itu.

Insiden itu melibatkan sejumlah pemain Uruguay, termasuk striker Liverpool Darwin Nunez yang naik ke tribun penonton dan berkelahi dengan pendukung Kolombia.

Para pemain Uruguay mengatakan mereka melakukan hal itu demi membela keluarga mereka yang menonton di tribun namun diserang oleh pendukung Kolombia di Stadion Bank of America.

"Para pemain bereaksi seperti layaknya seorang manusia mana pun,” kata Bielsa sebagaimana diwartakan AFP, Sabtu, pada konferensi pers jelang laga perebutan tempat ketiga melawan Kanada, Minggu (14/7).

“Jika Anda melihat istri, ibu, saudara perempuan atau anak Anda diserang, dan tidak ada yang membantu, apa yang harus mereka lakukan? Dan mereka (Conmebol) akan menghukum orang-orang yang datang membela diri?" keluh Bielsa.

Mantan pelatih Lazio menyatakan bahwa penyelenggara Copa Amerika merupakan pihak pertama yang harus dimintai tanggung jawab atas insiden itu.

"Perlindungan penonton tidak ada hubungannya dengan tim sepak bola atau federasi. Anda tahu siapa yang bertanggung jawab atas hal itu?" kata pelatih kelahiran Argentina itu.

“Tidak seorang pun ingin melihat kekerasan. Namun hal pertama yang harus dilihat adalah apa yang memicu reaksi tersebut," kata Bielsa. "Sanksi apa pun seharusnya tidak ditujukan kepada para pesepak bola."

Baca juga: Pelatih Kolombia sangat senang bertemu Argentina di laga final

Seusai keributan itu, pihak Conmebol memberikan pernyataan, "Kami ingin menegaskan kembali dan memperingatkan bahwa tidak ada toleransi atas tindakan yang dapat menodai perayaan sepak bola global ini."

Di sisi lain, pelatih yang sempat menukangi Chile itu tidak memberikan pernyataan terkait pertandingan melawan Kanada pada besok.

Copa Amerika 2024 akan berakhir pada Senin (15/7) WIB dengan mempertemukan Argentina vs Kolombia di partai final. Adapun Uruguay tersisih di semifinal usai takluk dari Kolombia kendati Ronald Araujo cs berhasil menumbangkan Brasil di babak perempat final.

Baca juga: Nunez berkelahi, pemain Uruguay kritik minimnya petugas keamanan
Baca juga: AS pecatt Gregg Berhalter akibat penampilan buruk dalam Copa America

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024