Jakarta (ANTARA) - Ketika berkunjung ke Bogor kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Bogor yang disebut sebagai Kota Hujan menawarkan beragam buah tangan khas yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki keunikan tersendiri.

Jika Anda berkunjung ke Bogor, pastikan untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas yang unik dan menggugah selera ini:

1. Roti Unyil

Roti kecil yang lembut ini menjadi salah satu oleh-oleh terfavorit bagi pengunjung Bogor. Dengan berbagai pilihan isian, mulai dari cokelat, keju, hingga jagung manis roti unyil ini sangat pas untuk camilan.

2. Bolen pisang

Kue pastry yang diisi pisang dan cokelat ini punya rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Jika Anda tidak terlalu suka rasa manis, terdapat pilihan rasa seperti Bolen keju dan Bolen pisang original. Bolen pisang adalah camilan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bogor.

3. Mochi
​​​​​​​

Mochi khas Bogor sering kali dijumpai dengan bungkus dari bilah bambu. Kue kenyal dan lembut ini diisi dengan berbagai macam isian, mulai dari kacang hingga cokelat. Teksturnya yang kenyal membuatnya makanan manis satu ini sangat digemari.

4. Brownies panggang

Brownies khas bogor yang satu ini yang dipanggang hingga memberikan rasa karamel yang khas. Dengan tekstur fudgy dan rasa cokelat yang kaya, brownies ini pasti disukai semua orang.

5. Bakpia

Kue kecil yang berisi pasta kacang hijau ini terkenal enak dan lembut. Bakpia adalah oleh-oleh yang sangat populer bagi pengunjung Kota Bogor.

6. Strudel

​​​​​​​Strudel adalah kue pastry dengan isian buah atau cokelat. Rasanya yang manis dan teksturnya yang flaky membuat strudel menjadi oleh-oleh yang sangat disukai.

7. Kue Balok

Kue yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan isian yang lumer ini selalu menjadi favorit. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis kue ini sangat cocok untuk pendamping minum kopi.

8. Asinan buah Bogor

Makanan ciri khas Bogor yang satu ini adalah campuran buah segar yang dipadukan dengan bumbu pedas manis. Asinan ini sangat menyegarkan dan cocok untuk dinikmati di cuaca panas.

9. Manisan buah Bogor

Sudah tidak perlu dipertanyakan popularitas nya, manisan buah Bogor merupakan oleh-oleh khas Bogor yang sangat legendaris. Manisan ini menawarkan rasa manis dan asam yang menyegarkan dari buah-buahan segar yang diawetkan.

10. Keripik bayam

Camilan yang satu ini sangat mudah dijumpai di daerah Bogor. Terbuat dari daun bayam yang sehat dan digoreng dengan tepung membuat tekstur dari camilan ini sangat renyah dan rasa yang gurih. Camilan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena akan disukai oleh siapapun.

Baca juga: TSI Bogor kini sediakan paket kuliner di wahana Safari Malam

Baca juga: Cheesy pie, oleh-oleh baru dari kota Bogor

Baca juga: Tur KRL Bogor-Sudirman sambil nikmati jajanan penghilang lapar

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024