Jakarta (ANTARA) - Melakukan semir rambut di rumah bisa dilakukan dengan mudah asalkan Anda mengetahui cara dan alat-alat yang perlu disiapkan.

Menyemir rambut sendiri di rumah bisa menjadi opsi bagi Anda yang ingin tampil beda, namun tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke salon.

Selain itu, menyemir rambut sendiri di rumah bisa menghemat biaya dan memberikan ruang bagi Anda untuk melakukan eksperimen dengan mencoba berbagai warna. Berikut ulasannya:

Persiapan semir rambut

Siapkan warna cat rambut
Siapkan warna cat rambut yang sesuai dengan warna kulit dengan bahan yang aman. Pilihlah sesuai hasil yang diharapkan serta kondisi rambut Anda.

Lakukan tes alergi
Selama 48 jam sebelum mengaplikasikan cat rambut, lakukan tes alergi. Aplikasikan sedikit semir rambut pada bagian siku atau belakang telinga. Aman digunakan jika tidak ada reaksi alergi, seperti ruam atau gatal.

Perlengkapan alat
Kumpulkan semua peralatan yang diperlukan, termasuk kuas pewarna, cat rambut, mangkuk, sarung tangan, dan kain untuk menutup bahu.

Baca peraturan pemakaian
Bacalah dengan cermat petunjuk pada kemasan produk. Ikuti aturan serta peringatan yang berada pada petunjuk.

Cara menggunakan semir rambut
  1. Pakai kain penutup bahu atau pakaian bekas untuk melindungi kulit dan pakaian dari noda akibat cat. Untuk melindungi kulit dari warnanya, oleskan petroleum jelly di sepanjang garis rambut..
  2. Gabungkan pewarna ke dalam mangkuk sesuai petunjuk kemasan. Dengan menggunakan kuas pewarna, aduk hingga tercampur rata.
  3. Aplikasikan semir rambut. Supaya mudah pengaplikasian warna, bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Dengan menggunakan kuas pewarna, aplikasikan warna dari akar hingga ujung rambut.
  4. Diamkan 20-30 menit, sesuai yang tertera pada petunjuk produk. Waktu yang disarankan tidak boleh terlampaui karena dapat membahayakan rambut menjadi cepat rusak dan rontok.

Perawatan setelah semir rambut
  • Keramas rambut, sampo tidak boleh langsung digunakan setelah semir rambut kecuali jika sampo khusus pewarna rambut. Sampo khusus tersebut berguna untuk mempertahankan warna pada rambut yang sudah di warnai.
  • Gunakan kondisioner, manfaatkan kondisioner yang biasanya disediakan khusus oleh produk cat rambut. Kondisioner ini membantu menutup kutikula rambut untuk mempertahankan warna.

Demikian cara menggunakan semir rambut di rumah dan dapatkan hasil yang sesuai dengan mengikuti aturan produk. Perhatikan selalu kondisi rambut, jika terjadi alergi segera hubungi dokter spesialis untuk perawatan profesional.

Baca juga: Perbedaan cat rambut dengan toning rambut

Baca juga: Tips semir rambut pria, simak warna yang cocok dan harganya

Baca juga: Manfaat dan efek samping cat rambut

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024