Jakarta (ANTARA) - Dua cara pewarnaan rambut yang sering digunakan untuk mempercantik penampilan yakni cat atau semir rambut dan toning rambut.

Meskipun sama-sama memberi warna pada rambut, namun dari segi cara, hasil yang diharapkan, dan daya tahan yang dimiliki sangatlah berbeda.

Supaya dapat memilih cara dan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan, berikut penjelasan antara semir rambut dan toning rambut.

Toning rambut
Toning rambut merupakan cara mewarnai rambut dengan toner pewarna dari bahan alami. Bahan-bahan yang digunakan inilah yang membedakan cat rambut dengan yang lainnya.

Toning rambut tidak mengandung bahan seperti amonia dan etanolamin yang seringkali terdapat dalam bahan pewarna rambut.

Penggunaan toning rambut sangat disarankan karena terbebas dari risiko penyakit dan rambut tetap sehat.

Proses toning rambut hanya mengubah pigmen alami rambut pada lapisan luarnya tanpa membuka bagian kutikula pada rambut. Tujuannya untuk mencegah kerusakan dan menjaga struktur rambut.

Daya tahan toning rambut sekitar 4-6 minggu, kembali lagi dari rutinitas keramas. Jika ingin warna rambut ingin bertahan lama, lakukan secara berulang kali.

Maka dari itu, toning rambut termasuk pewarna rambut semi permanen.

Hasil toning rambut lebih bagus dan terlihat lebih natural, sehingga memberikan kesan mengkilap, meratakan warna rambut, dan tampak tebal.

Cat rambut
Semir rambut atau cat rambut merupakan cara mengubah warna rambut secara permanen atau semi permanen. Namun, seringkali semir rambut dipilih untuk perubahan warna secara permanen, kemungkinan akan hilang seiring pertumbuhan rambut baru.

Cat rambut pada umumnya mengandung amonia dan peroksida. Dua bahan kimia ini dapat membahayakan rambut karena membuka kutikula rambut dan memungkinkan pewarna menembus batang rambut.

Semir rambut dapat diaplikasikan pada rambut yang sudah di bleaching atau proses menghilangkan pigmen rambut.

Kemudian, cara aplikasikan ke rambut tergantung model warna yang diinginkan. Misalnya, teknik foiling akan digunakan untuk model warna rambut highlight dan balayage. Akan tetapi, jika Anda ingin mewarnai seluruh rambut, hanya perlu aplikasikan warna rambut dengan merata.

Oleh karena itu, rambut yang diwarnai perlu mendapat perawatan khusus. Selain itu, tersedia berbagai macam warna cat rambut yang bisa dipilih, seperti pirang, merah, biru, dan lainnya.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024