Bekasi (ANTARA) - Atlet panahan Indonesia Arief Dwi Pangestu mantapkan latihan teknik menjelang tampil di Olimpiade Paris 2024.

Olimpiade Paris 2024 akan menjadi gelaran Olimpiade kedua bagi atlet yang kini menginjak usai 20 tahun tersebut usai sebelumnya tampil di gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

"Kalau kesiapan khusus enggak ada sih, cuma kami lebih memantapkan lagi kayak misalkan teknik habis itu peralatan yang lain-lain gitu misalkan ada kekurangan alat itu kami ganti," kata Arief Dwi Pangestu kepada pewarta, Jumat.

Tim panahan Indonesia yang akan mengirimkan empat atletnya yakni Arif Dwi Pangestu, Diananda Choirunisa, Rezza Octavia dan Syifa Nur Afifah Kamal tengah menjalani persiapan pemusatan latihan PP Perpani di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

PP Perpani telah mengubah tempat pemusatan latihan (TC) tim panahan dengan nuansa yang dibuat serupa dengan Olimpiade Paris 2024 untuk tujuan simulasi pertandingan sejak 26 Juni lalu usai memastikan diri memperoleh empat tiket dari Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yakni World Cup Stage 3 yang berlangsung di Antalya, Turki.

Arief mengungkapkan bahwa tidak ada instruksi khusus yang diberikan oleh pelatih panahan Indonesia, Lee Kyung Chul. Namun pelatih asal Korea Selatan tersebut hanya memberikan instruksi agar Arief nanti mampu menumbuhkan kepercayaan diri sebelum tampil di Paris.

Baca juga: Arief Dwi Pangestu nilai persiapan di Olimpiade Paris jauh lebih baik


Tim panahan Indonesia ditargetkan untuk mengulang sukses srikandi Indonesia yakni Kusuma Wardhani, Nurfitriyana Salim dan Lilis Handayani yang meraih medali perak pada gelaran Olimpiade Seoul 1988.

Mengenai target tersebut, Arief mengatakan sangat terbuka peluang bisa menggondol medali karena banyak atlet-atlet yang sudah mempunyai jam terbang di Olimpiade kali ini. Selain itu Arief mengungkapkan bahwa telah sering berhadapan dengan calon lawan karena kerap bertemu di gelaran World Cup Stage.

"Semoga target itu bisa terjadi karena kami juga inginnya seperti itu, ditambah lagi semoga nanti dapat lebih banyak medali lagi karena kami beberapa juga ada yang sudah pernah tanding di Olimpiade lalu jadi lebih banyak pengalaman. Juga tahun ini lebih banyak kami ikut World Cup Stage jadi lebih sering ketemu orang-orang yang akan dilawan nanti (di Olimpiade Paris)," ujar peraih medali emas di nomor individu SEA Games Vietnam 2021 tersebut.

Baca juga: PB Perpani targetkan dua tiket Olimpiade dari Archery World Cup
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024