Balangan, Kalsel (ANTARA) - Sebanyak 124 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Halong dan Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menerima bantuan langsung tunai (BLT) periode semester pertama 2024 melalui APBD Tahun Anggaran 2024.

KPM sebanyak itu terdiri atas 78 KPM di Kecamatan Halong dan 46 KPM di Kecamatan Tebing Tinggi.

“Alhamdulillah sebanyak 78 KPM dari 14 desa di Kecamatan Halong telah menerima bantuan tersebut,” kata Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas Sosial Balangan Artoni di Balangan, Jumat.

Artoni menjelaskan setiap KPM di Kecamatan Halong ini mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp300 ribu per bulan atau total menerima Rp1,8 juta selama enam bulan.

Untuk administrasi bantuan periode Juli-Desember 2024, Artoni menambahkan bahwa KPM akan menerima BLT melalui rekening tabungan Bank Kalsel.

Baca juga: Pemkab HSU Kalsel salurkan BLT Rp6,3 miliar kepada 10.615 KPM

Sementara itu, salah satu penerima BLT Herdiati menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyalurkan bantuan tunai melalui Dinas Sosial.

Herdiati juga sangat bersyukur terhadap penyaluran bantuan tersebut karena dapat mencukupi kebutuhan maupun biaya kehidupan sehari-harinya bersama dengan keluarga.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya program BLT ini, karena dapat memberikan sedikit 'kelonggaran' dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang membutuhkan terutama di Kecamatan Halong, dan semoga nanti saya bisa dapat lagi,” ujarnya.

Baca juga: KPPN percepat penyaluran BLT di Kotabaru

Dinsos Kabupaten Balangan juga menyalurkan BLT kepada 46 KPM dari 12 desa di Kecamatan Tebing Tinggi untuk dua triwulan sebesar Rp1.800.000 per keluarga.

Analis Pelayanan Sosial Kabupaten Balangan Muhammad Iqbal menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat terutama bagi yang membutuhkan dan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

"Ini bentuk percepatan penghapusan angka kemiskinan ekstrem yang telah dilaksanakan selama dua tahun. Pembagian ini berdasarkan data dari kementerian bagi setiap orang per bulan mendapatkan Rp300.000," tutur Iqbal.

Baca juga: Kotabaru terima tambahan dana desa Rp5,59 miliar untuk BLT

Iqbal berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk modal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga meningkatkan taraf hidup.

Pewarta: Taufik Ridwan/Ragil Darmawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024