Jadi, ini adalah satu kunci juga untuk kita mengembangkan lokal ekonomi atau lokal industri
Surabaya, Jatim (ANTARA) - FKS Group yang merupakan perusahaan global di bidang pakan dan pangan menawarkan efisiensi pengiriman curah kering melalui anak usahanya FKS Multi Agro dan FKS Logistics, sehingga turut mendorong terwujudnya ketahanan pangan di tanah air.

Efisiensi itu berupa efektivitas proses bongkar muat, serta efisiensi biaya pengiriman secara menyeluruh dibandingkan distribusi menggunakan kargo atau peti kemas konvensional.

"Jadi, ini adalah satu kunci juga untuk kita mengembangkan lokal ekonomi atau lokal industri," kata Chief Executive Officer PT FKS Multi Agro Agung Cahyadi Kusumo di Surabaya, Jatim, Jumat.

Ia mengatakan bisnis kepelabuhanan curah kering yang dikelola FKS Multi Agro menggunakan teknologi yang modern, sehingga manajemen bongkar muat dan integrasi pergudangan di pelabuhan menjadi lebih efektif.

Ada tiga pelabuhan curah kering dan anak usaha yang dikelola oleh FKS Multi Agro antara lain Nusa Prima Logistik yang berlokasi di Teluk Lamong-Surabaya, Sentral Gudang Terminal 2 yang ada di Cilegon-Banten, serta Sentral Gudang Terminal 3 di Medan.

Lebih lanjut, Chief Operating Officer FKS Logistics Welly Swandana menjelaskan efisiensi yang ditawarkan pihaknya yakni peningkatan proses bongkar muat yang memiliki kemampuan 30.000 metrik ton per hari, angka ini lima kali lipat dari proses bongkar muat yang biasa dilakukan di kargo konvensional yang hanya 6.000 ton per hari.

Sedangkan, untuk efisiensi biaya logistik, menurut dia, para konsumen bisa melakukan penghematan sebesar 15-20 persen.

Lebih lanjut, ia mengatakan selain memiliki kapabilitas bongkar muat yang lebih cepat, fasilitas penanganan kargo yang dimiliki pihaknya dilengkapi dengan sistem konveyor canggih dan berstandar food grade, serta didukung oleh gudang transit dengan kapasitas penyimpanan sebesar 200.000 metrik ton (MT) yang terdiri dari 10 unit silo dengan kapasitas 80.000 MT, dan dua unit flat storage dengan kapasitas 120.000 MT.

"Nusa Prima Logistik berdedikasi menyediakan solusi logistik yang andal dan hemat biaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta menjadikan logistik di Indonesia bukan hanya kebutuhan tetapi juga keunggulan strategis," kata dia.

Baca juga: FKS Group pasang panel surya 10 megawatt pacu dekarbonisasi industri
Baca juga: Subholding Pelindo gandeng FKS perkuat layanan logistik terintegrasi
Baca juga: FKS Multi Agro berangkatkan 214 perajin tempe mudik ke kampung halaman

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024