Peran koperasi menjadi strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha mikro kecil agar menjadi lebih berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi
Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menilai koperasi memiliki peran strategis untuk mempercepat usaha bangsa keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap).

Karenanya, Bey meminta Hari Koperasi Ke-77 Tingkat Provinsi Jabar yang dimulai Jumat ini yang dipusatkan di Lapangan Street Carnival Galuh Mas, Kabupaten Karawang, menjadi pemacu semangat agar koperasi memainkan peran strategis untuk mempercepat mewujudkan Indonesia maju.

"Di sinilah peran koperasi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil dan usaha kecil ke usaha menengah," kata Bey dalam keterangan di Bandung, Jumat.

Ia menuturkan koperasi telah menjadi solusi dalam pembiayaan mikro, paling banyak diakses oleh rumah tangga di Indonesia, yakni 4,25 persen setelah bank umum selain Kredit Usaha Rakyat (KUR), yaitu 4,95 persen.

"Peran koperasi menjadi strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha mikro dan kecil agar usahanya menjadi lebih berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Baca juga: Jabar dorong koperasi produktif menjadi motor penggerak perekonomian

Baca juga: BI sebut kasus peredaran uang palsu di Jabar alami penurunan


Bey juga mengungkapkan koperasi telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian dalam pembelian produk, akses inovasi dan teknologi, kemitraan maupun pemodalan.

Ia berharap di masa mendatang lebih banyak lagi koperasi yang tumbuh menyediakan teknologi dan inovasi sehingga menjadi ekosistem usaha yang menjanjikan bagi kalangan muda.

"Saya berharap semangat koperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda dan menjadikan ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah. Juga semakin banyak koperasi yang memberikan solusi terhadap inovasi dan teknologi, kemitraan, pasar bahkan permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di tanah air naik kelas," ucapnya.

Selain menghadiri Peringatan Hari Koperasi sekaligus membuka Gelar Produk Koperasi, dalam acara tersebut, Bey juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Melalui Pembiayaan Ultra Mikro di Jabar.

Baca juga: Jabar jajaki ekspor kopi-kakao ke Filipina

Baca juga: Sekda: Pembukaan gerbang tol Purbaleunyi KM 149-151 diakselerasi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024