Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menjalin kerja sama dengan Kota Toyohashi Jepang dalam rangka meningkatkan kualitas air bersih di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat mengatakan bahwa hubungan antara Indonesia dan Jepang telah terjalin sejak lama, dan selama bertahun-tahun, kerja sama yang terjalin telah memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

Demikian juga dengan Kota Solok yang telah menjalin kerja sama dengan Kota Toyohashi Jepang di bidang penyediaan air bersih. Kerja sama ini sangat dirasakan manfaatnya terutama dalam peningkatan kualitas dan kuantitas air bersih.

Sesuai dengan perjanjian kerja sama antara The Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang ditandatangani pada tanggal 29 Agustus 2022 lalu, durasi implementasi proyek adalah selama tiga tahun terhitung sejak penandatanganan kontrak.

Saat ini, implementasi dari kerja sama masih berlangsung dan pada minggu ini tenaga teknis dari Toyohashi Waterwork and Sewerage Bureau juga sedang berada di Kota Solok untuk memberikan pelatihan dan bantuan teknis kepada teknisi dan operator Perusahaan Umum Daerah Air Minum Pincuran Gadang.

Baca juga: Kementerian PUPR bantu penuhi air bersih masyarakat di luar KIPP IKN

"Perlu kami informasikan bahwa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solok saat ini sudah berubah nama menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Pincuran Gadang," katanya.

Wako berharap semoga ke depannya, melalui kerja sama ini pelayanan penyediaan air bersih di Kota Solok menjadi lebih baik dan tersedia air leding yang siap minum bagi warga Kota Solok.

Sebelumnya, Wako Solok telah menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Mr Takonai Susumu beserta rombongan di Balai Kota Solok, Rabu (10/7).

Konsulat Jenderal Jepang, Mr Takonai Susumu mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa di Kota Solok yang merupakan kunjungan pertamanya ke Kota Solok.

"Kota Solok adalah kota istimewa karena telah lama bekerja sama dengan Kota Toyohashi terkait air bersih," ujar Mr Takonai.

Toyohashi memiliki teknologi sangat baik di bidang air bersih dan mereka sangat serius menjalin kerja sama dengan Kota Solok.

Konjen bertugas memberikan perlindungan kepada warga negara Jepang yang ada di Indonesia serta meningkatkan kerja sama dan hubungan persahabatan.

"Apalagi Kota Solok telah bekerja sama dengan Kota Toyohashi, tentu sudah tugas saya untuk bersilaturahmi dan mengunjungi Kota Solok. Semoga kerja sama terus berlangsung dan berjalan baik," ucapnya.

Baca juga: Tirta Kahuripan Bogor survei demi jaga kualitas pelayanan
Baca juga: BPBD DIY: Pemenuhan air bersih warga Gunungkidul dan Sleman masih aman

 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024