Jakarta (ANTARA) -
Membersihkan kacamata dengan baik dan benar penting untuk menjaga kejernihan lensa dan memperpanjang umur kacamata Anda.

Merawat kacamata dengan baik juga dapat menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada kacamata Anda dan nyaman saat digunakan.
 
Melansir dari berbagai sumber resmi, berikut langkah-langkah untuk membersihkan kacamata agar berfungsi optimal.
 
1. Gunakan cairan pembersih khusus kacamata
 
Semprotkan cairan pembersih kacamata khusus ke kedua sisi lensa dan bingkai kacamata Anda. Hindari menggunakan cairan pembersih yang mengandung amonia atau alkohol, karena dapat merusak lapisan pelindung pada lensa.
 
Lakukan gerakan ringan dalam membersihkan atau mengeringkan air dari kacamata Anda untuk menghindari dari masalah goresan lecet pada dinding lensa.
 
2. Siram kacamata dengan air yang mengalir
 
Jika tidak mempunyai cairan khusus, langkah antisipasi dalam membersihkan kacamata dengan membilasnya di bawah aliran air dari keran.
 
Membilas kacamata dengan air mengalir dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran halus dari permukaan lensa.
 
3. Gunakan kain mikrofiber
 
Bersihkan lensa dengan lembut menggunakan kain mikrofiber yang bersih dan halus. Hindari menggunakan tisu atau kain lain yang kasar, karena dapat menyebabkan goresan pada lensa.
 
Kemudian, setelah memakai pastikan untuk membersihkan kain mikrofiber secara teratur agar debu yang menempel tidak menggores lensa kacamata Anda.
 
4. Hindari penggunaan air panas dan deterjen
 
Jangan mencuci kacamata Anda dengan air panas atau menggunakan deterjen. Hal ini dapat merusak bahan atau lapisan khusus pada kacamata Anda.
 
Air panas dapat menyebabkan distorsi atau deformasi pada bingkai kacamata, terutama jika terbuat dari plastik.
 
Sedangkan, deterjen banyak mengandung bahan kimia keras yang bisa mengikis lapisan anti-refleksi pada lensa kacamata Anda.
 
5. Bawa kacamata ke optik terdekat

Jika tidak yakin atau tidak memungkinkan dalam membersihkan kacamata Anda sendiri. Anda juga bisa membersihkan kacamata dengan cara membawa ke optik terdekat.
 
Terutama jika Anda tidak bisa membersihkan beberapa bagian kacamata, misalnya penyangga hidung. Nantinya, kacamata Anda akan dibersihkan menggunakan alat pembersih ultrasonik sehingga seluruh bagian kacamata dapat terjangkau dengan baik.
 
Dengan melakukan perawatan rutin dan pembersihan yang tepat, Anda dapat memastikan kacamata tetap dalam kondisi terbaik dan memiliki umur yang panjang, serta memberikan kenyamanan dalam penglihatan yang optimal.

Baca juga: Ini dia manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mata Anda

Baca juga: Cara tepat pilih lensa kacamata sesuai kondisi mata

Baca juga: Tips pilih model kacamata sesuai bentuk wajah

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024