Paling lambat 30 hari sejak perjanjian kerja sama ini ditandatangani, e-money dari bank tersebut sudah bisa digunakan
Batam (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, menerapkan sistem pembayaran bus Trans Batam dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau e-money dalam mendukung mendorong penerapan sistem pembayaran non tunai.

Kepala Dishub Batam Salim di Batam, Jumat, mengatakan untuk mendukung hal tersebut, pihaknya melalui BLUD UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam menjalin kerja sama dengan sejumlah bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, BCA.

"Hadirnya layanan non tunai ini meningkatkan pelayanan bus Trans Batam. Di era digital ini hampir semua transaksi menggunakan non tunai. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik berupaya memberikan pelayanan yang baik," ujar Salim.

Ia menjelaskan dengan adanya perjanjian kerja sama ini maka pelayanan pembayaran bus Trans Batam diharapkan semakin meningkat dan memudahkan masyarakat.

“Paling lambat 30 hari sejak perjanjian kerja sama ini ditandatangani, e-money dari bank tersebut sudah bisa digunakan," ujar dia.

Baca juga: PLN bentuk tim sosialisasi penyesuaian tarif listrik di Batam

Baca juga: BP: Arus peti kemas di Pelabuhan Batam meningkat 7 persen


Menurut Salim, masyarakat bisa mendapatkan kartu e-money ini di halte-halte bus Trans Batam di Kota Batam.

“Alhamdulillah, ini adalah inovasi yang kami lakukan,” ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga memiliki program naik bus bagi pegawai Dishub Batam, yaitu dalam satu pekan, pegawai memiliki kewajiban menggunakan moda transportasi bus Trans Batam.

“Kami ingin memberikan contoh untuk menggunakan fasilitas umum bus Trans Batam ini. Karena bus kita juga sudah bagus, dan sudah dilakukan peremajaan. Jadi sangat layak untuk digunakan,” kata dia.

Dengan begitu, ia berharap masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas umum tersebut, yang didukung dengan infrastruktur yang sudah bagus juga menjadi penunjang bus Trans Batam dalam menikmati fasilitas publik.

Baca juga: Disbudpar Batam: Layanan shuttle bus berikan kemudahan bagi wisman

Baca juga: Pelabuhan Internasional Sekupang hadirkan shuttle bus untuk wisman

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024