Jakarta (ANTARA) - Semir rambut atau cat rambut sering digunakan untuk menutupi uban atau mengubah warna rambut agar terlihat lebih bergaya dan tampil beda. Terlebih lagi cat rambut telah menjadi tren di kalangan anak muda yang ingin tampil beda dengan warna rambut yang berani dan cerah.

Cara mewarnai rambut dengan cat rambut pun tergolong mudah. Anda bisa pergi ke salon kecantikan atau melakukannya sendiri di rumah.

Berikut manfaat dari cat rambut yang ANTARA Rangkum dari beberapa sumber.

Penampilan lebih menarik
Gaya seseorang dapat berbeda dan kepercayaan dirinya yang meningkat dengan warna rambut yang menarik. Ini menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan pewarnaan rambut benar-benar peduli terhadap penampilan dari gayanya.

Menutupi rambut uban
Cat rambut juga kerap dipakai untuk menutupi rambut putih atau uban, sehingga penampilan seseorang tetap rapih dan tampak awet muda. Warna yang biasa digunakan untuk menutupi uban adalah hitam dan cokelat tua. 

Rambut tampak tebal
Rambut setiap orang tidak memiliki ketebalan yang sama. Beberapa orang memiliki helai rambut tebal, sedangkan ada yang memiliki helai rambut tipis. Tingkat perawatan menentukan ketebalan dan volume rambut.

Bagi orang dengan helai rambut tipis bisa juga melakukan cat rambut agar tampak lebih tebal. Kendati demikian, ketebalan rambut alami tetap lebih disukai dan sehat.

Meskipun cat rambut memiliki sejumlah manfaat untuk penampilan, ada beberapa efek samping patut Anda waspadai.

Alergi kulit
Semir rambut dapat menyebabkan rasa alergi pada kulit kepala atau di area sekitarnya yang disebabkan bahan kimia dalam pewarna rambut. Kemerahan, bengkak, gatal, bahkan sesak nafas adalah beberapa gejala ringan yang biasa timbul. Alergi ini disebut para-phenylenediamine (PPD)

Rambut rusak
Struktur rambut dapat rusak karena bahan kimia dalam pewarna rambut, biasanya yang mengandung amonia dan peroksida. Sebab, hilangnya protein dalam rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, dan rontok.

Iritasi Mata
Semir rambut berisiko bagi mata karena dapat mengakibatkan iritasi mata, mulai dari kemerahan sampai kebutaan. Hal ini tergantung dari jenis bahan kimia dan tingkat paparan yang mempengaruhi seberapa parah iritasi matanya

Risiko kanker dan kerusakan saraf
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa cat rambut dapat menimbulkan kanker bahkan penyakit saraf. Walaupun masih butuh penelitian lebih dalam, cat rambut bersifat karsinogenik atau risiko terjadi kanker.

Hal ini kemungkinan dapat terjadinya leukemia, limfoma, kanker payudara, serta kanker kandung kemih.
Hindari cat rambut berbahan kimia, seperti para-phenylenediamine (PPD), timbal asetat, dan coal tar.

Itulah manfaat dan efek samping semir rambut yang dapat Anda pahami. Jika ingin melakukan cat rambut, tetap jaga kesehatan rambut dan lakukan perawatan rambut dengan lebih ekstra secara rutin. Pilihlah kandungan jenis cat rambut yang aman untuk digunakan 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024