Kalau ada yang punya masalah, cari jalan keluar, musyawarah untuk mufakat, dan harus ada orang yang dituakan sebagai penengah dan pembimbing mencari solusi terbaik
Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meminta kepada warga Jakarta menjadikan  Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) sebagai tempat pertemuan untuk saling bertukar pikiran dan menjalin hubungan bertetangga.
 
"Bisa dipakai sarana berkumpul warga. Dengan demikian bisa saling bertukar pikiran, " katanya saat menghadiri acara "Ngopi Kamtibmas" di Pos Satkamling RW 05 Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis malam (11/7).
 
Karyoto dalam keterangan tertulisnya yang diterima Jumat juga berpesan kepada pengurus RT dan RW di sekitar Pos Satkamling untuk mengingatkan warganya agar hidup guyub.
 
"Pak RT dan Pak RW juga harus saling mengingatkan warganya untuk guyub sehingga tercipta rasa aman kalau berada di lingkungan kita sendiri. Tidak ada lagi sengketa di sekitar rumah, " kata Karyoto.
 
"Kalau ada yang punya masalah, cari jalan keluar, musyawarah untuk mufakat, dan harus ada orang yang dituakan sebagai penengah dan pembimbing mencari solusi terbaik," pesan Karyoto.
 
Dalam acara tersebut, Karyoto juga mengimbau kepada warga untuk senantiasa memantau dan memeriksa ponsel anak-anak.
 
"Bapak-Ibu harus memeriksa handphone anak-anaknya. Perangkat ini merupakan sarana yang paling praktis dan efisien. Anak-anak kita jangan sampai ada yang jadi pecandu game," ucapnya.
Sejumlah warga menghadiri Kegiatan "Ngopi Kamtibmas" di Pos Satkamling RW 05 Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis malam (11/7/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya

Karyoto juga berpesan kepada pemuda agar jangan sampai menganggur, harus memiliki kegiatan, juga hindari tawuran, cari kesibukan untuk mencari pekerjaan atau membuat pekerjaan untuk diri kita sendiri.
 
Sementara itu Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya dalam keterangan tertulisnya mengatakan Kegiatan "Ngopi Kamtibmas" bersama warga dilaksanakan serentak di seluruh Polsek dan 13 Polres Jajaran Polda Metro Jaya.
 
"Dengan membahas masalah kenakalan remaja, bijak dalam menggunakan media sosial, anak-anak jangan sampai terjerat judi online, masalah narkoba, tawuran, dan jaga persatuan jelang Pilkada serentak, " katanya.
 
Acara dihadiri pejabat utama (PJU) Polda Metro Jaya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Camat Kemayoran Asep Mulyana, Wadanramil Kemayoran Kapten Czi Sefanye Banik, Lurah Harapan Mulya Muhammad Fauzi, Ketua RW 05 Sigit, seluruh Ketua RT, pengurus Jumantik, tokoh agama, tokoh masyarakat, Karang Taruna serta warga sekitar.
Baca juga: Polisi gagalkan peredaran 20 kilogram sabu di Tangerang
Baca juga: Kamerawan lapor Polda Metro Jaya karena dipukul di Sidang SYL
Baca juga: Tindak pidana siber perlu penanganan yang cepat dan efektif

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024