Jakarta (ANTARA) - Bobotoh, itu lah julukan pendukung Persib Bandung, lalu bagaimana asal-usul nama itu yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Bobotoh, dalam bahasa Sunda berarti "orang yang menghidupkan semangat kepada orang yang hendak 'bertarung' dalam hal apa pun". Jelas bahwa itu juga berarti suporter.

Makna itu sangat cocok dengan peran suporter Persib Bandung, yang tidak pernah berhenti mendukung klub sepak bola ini. Menang maupun kalah, Persib merupakan kecintaan Bobotoh.

Jauh dari masa kini, pendukung klub bola asal Bandung ini nyatanya sudah ada sejak Pesib masih bernama BIVB ketika masa kolonial Belanda.

Baca juga: Daftar pemain dan pelatih Persib saat ini

Selain sebagai tim sepak bola, BIVB merupakan kelompok perlawanan nasionalis ketika masa penjajahan. Saat itu, sekelompok pendukung tim sepak bola ini bernama Balakurawa. Mereka selalu datang ke Lapangan Tegalega untuk mendukung BIVB.

Lambat laun, tim BIVB kehilangan ketenarannya. Sehingga, dibentuk kembali klub sepak bola baru yakni Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) yang tidak lama kemudian bergabung bersama National Voetbal Bond (NVB) dan mengganti nama menjadi Persib.

Pada beberapa kejuaraan pertandingan, Persib menjadi klub sepak bola kebanggan Jawa Barat, terutama warga Bandung, kota di mana Persib lahir.

Pendukung Persib kembali terbentuk dan bersatu mendukung pemain tim Maung Bandung ini dengan sebutan nama baru mereka yaitu Bobotoh.

Aksi Bobotoh mendukung klub Persib sangat dikenal dengan beramai-ramai mengelilingi jalanan kota, sehingga pendukung Persib sangat diakui loyalitasnya.

Baca juga: Sosok di balik kesuksesan Persib Bandung

Kini pendukung Bobotoh semakin tersebar di beberapa daerah dengan jumlah perkiraan ratusan ribu orang. Kobaran semangatnya mendukung Persib tak pernah luntur dan usai.

Salah satu komunitas yang dibentuk oleh Bobotoh yaitu Viking Persib Club. Kelompok inilah yang kemudian menjadi kekuatan utama di balik dukungan Persib dalam setiap pertandingan.

Bukan hanya Viking, komunitas lain yang aktif mendukung Persib Bandung antara lain Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Druken Troopers, TS1 Crew, Bandung Supporter Alliance, Second Squad, dan Flowers City Casual.

Sejarah yang panjang dan jumlah pendukung yang terus bertambah, Bobotoh menjadi bagian penting bagi Persib.

Selain memberikan dukungan lebih kepada para pemain Persib, Bobotoh juga merupakan faktor penting bagi perjalanan Persib menjadi salah satu tim sepak bola terbesar dan bergengsi di Indonesia, demikian mengutip laman resmi Kota Bandung dan sumber lainnya.

Baca juga: Siapa itu Persib? Simak sejarah klub bola asal Bandung ini

Baca juga: Catatan prestasi Persib Bandung

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024