Jakarta (ANTARA) -

Prawira Harum Bandung berhasil mencuri kemenangan dari kandang RANS Simba Bogor dengan skor 81-66 dalam Game 1 Playoff IBL 2024 putaran pertama yang digelar di Gymnasium Sekolah Vokasi IPB Bogor, Kamis malam (11/7).

Kemenangan ini membuat Prawira unggul 1-0 atas RANS dalam rangkaian tiga laga atau best-of-three.

Prawira mengambil kendali permainan sejak kuarter pertama, dengan unggul 28-12 di kuarter pembuka. Tim tuan rumah sempat memberikan perlawanan setelah tertinggal 16 poin di kuarter satu. RANS berhasil memperkecil selisih sebelum turun minum menjadi 39-35.

Baca juga: Prawira akhiri musim dengan kemenangan atas Kesatria

Meskipun RANS mencoba mengejar dan sempat menyamakan kedudukan di kuarter ketiga. Namun Prawira kembali menunjukkan dominasinya di kuarter keempat dengan mencetak 28 poin, berbanding 14 angka yang dibuat RANS di permainan terakhir.

Brandone Francis menjadi bintang bagi Prawira dengan mencetak 24 poin dan 9 rebound selama 29 menit bermain. Meskipun sempat kesulitan di babak pertama, Francis berhasil menyelesaikan laga dengan 10 tembakan masuk dari 22 percobaan. Yudha Saputera menyumbang 21 poin dan 5 assist, sementara Manuel Suarez mencetak double-double dengan 18 poin dan 12 rebound.

Di sisi lain, absennya Devon Van Oostrum membuat RANS kesulitan di awal laga. Mereka hanya memiliki akurasi tembakan 16 persen di kuarter pertama.
Pebasket Rans Simba Bogor Argus Sanyudy (tengah) berusaha melewati hadangan pebasket Prawira Harum Bandung Muhammad Rizal Falconi (kedua kiri) dan Brandone Francis (kanan) saat pertandingan game pertama babak playoffs Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di Gymnasium Sekolah Vokasi IPB, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/7/2024). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah. (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)

Baca juga: RANS Simba Bogor comeback, kalahkan Bima Perkasa 89-85

Oki Sanjaya dan John Fields III memimpin perolehan poin RANS dengan masing-masing menyumbang 14 poin. Namun, mesin poin RANS, Le'bryan Nash dan Kenneth Funderburk Jr., terkunci oleh pertahanan Prawira. Nash hanya mencetak 3 poin, sementara Funderburk menambah 9 poin.

Dengan hasil ini membuat Prawira hanya perlu memenangi satu laga lagi untuk bisa melanjutkan babak playoff. Sementara RANS perlu dua kali menang lagi agar tidak tersingkir dari kompetisi IBL pascamusim.

Pertandingan berikutnya, Game 2 Putaran Pertama IBL Playoffs 2024, akan berlangsung di C-Tra Prawira Arena, Bandung, pada hari Minggu (14/7) mendatang.

Baca juga: IBL datangkan wasit asing untuk Playoff IBL 2024
Baca juga: Delapan tim siap berebut gelar di Playoff IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024