Beijing (ANTARA) - Area Huangyan Dao China di Laut China Selatan memiliki kualitas lingkungan yang sangat baik dan ekosistem terumbu karang yang sehat, demikian disebutkan dalam sebuah laporan yang dirilis pada Rabu (10/7).

Laporan Investigasi dan Pengkajian Status Ekologi dan Lingkungan Laut Huangyan Dao (The Investigation and Assessment Report on Marine Ecology and Environment Status of Huangyan Dao) dirilis bersama oleh beberapa institusi di bawah naungan Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China, Akademi Ilmu Pengetahuan China, serta Universitas Guangxi.

Temuan-temuan yang disajikan dalam laporan ini didasarkan pada investigasi lapangan yang dilakukan pada Mei dan Juni terhadap berbagai aspek ekologi dan lingkungan laut di area Huangyan Dao, termasuk kualitas air laut, komunitas karang, dan ikan penghuni terumbu karang, serta analisis dan pengkajian komprehensif menggunakan ekspedisi ilmiah sebelumnya, hasil penelitian, dan hasil survei satelit penginderaan jauh di area tersebut.
 
 Foto yang dimuat dalam laporan berjudul "Laporan Investigasi dan Pengkajian Status Ekologi Laut dan Lingkungan Huangyan Dao" ini menunjukkan kerang raksasa di laguna Huangyan Dao. (Xinhua)



Kualitas air laut dan kualitas sedimen laut sama-sama dimasukkan ke dalam Tingkat I di perairan Huangyan Dao, ungkap hasil investigasi tersebut.   

Investigasi tersebut mencatat 109 spesies terumbu karang keras yang termasuk ke dalam 34 genus dan 12 famili, menandai keanekaragaman spesies tertinggi yang pernah didokumentasikan, lanjut laporan itu.

Level residu polutan, seperti logam berat dan hidrokarbon minyak bumi di dalam sampel ikan, berada di bawah batas standar. Di samping itu, tidak terdeteksi adanya sianida di air laut, sedimen laut, maupun sampel ikan, papar laporan tersebut.

Kepadatan bobot sampah yang mengapung juga berada pada level yang rendah, kata laporan tersebut

Keanekaragaman hayati dalam ekosistem terumbu karang di area Huangyan Dao tercatat tinggi, karena investigasi tersebut mencatat 125 spesies ikan terumbu karang dari 23 famili, serta kelompok-kelompok penting lainnya, seperti kerang raksasa, karang biru, dan anemon laut, urai laporan tersebut.
 
 Foto yang dimuat dalam laporan berjudul "Laporan Investigasi dan Pengkajian Status Ekologi Laut dan Lingkungan Huangyan Dao" ini menunjukkan kerang raksasa di laguna Huangyan Dao. (Xinhua)  



Selanjutnya, komunitas karang keras di Huangyan Dao menunjukkan resistansi dan toleransi yang kuat terhadap kenaikan suhu permukaan laut, yang menjadikan Huangyan Dao sebagai habitat penting bagi karang-karang dan spesies-spesies terkait di Laut China Selatan dalam menghadapi pemanasan global. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024