Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia menyoroti pentingnya memiliki asuransi perjalanan agar mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama bepergian, apalagi mengingat turbulensi hebat penerbangan semakin sering terjadi dalam dua bulan terakhir.

“Peran asuransi perjalanan tidak hanya sekadar memberikan perlindungan terhadap pelaku perjalanan, namun juga bisa memberikan ketenangan pikiran,” ujar Direktur dan Chief Technical Officer Allianz Utama Indonesia Ignatius Hendrawan dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa belakangan ini, kondisi penerbangan penuh akan hal-hal tak terduga, seperti turbulensi hebat yang menimpa tiga penerbangan sehingga mengakibatkan puluhan penumpang dan awak pesawat terluka dalam dua bulan terakhir.

Baca juga: Delapan manfaat memiliki asuransi perjalanan

Baca juga: Garuda Indonesia - Allianz kerja sama perlindungan penumpang pesawat


Ketiga penerbangan tersebut adalah pesawat Air Europa yang terbang dari Spanyol ke Uruguay dan mendarat darurat di Brazil, pesawat Singapore Airlines yang dalam perjalanan dari Inggris ke Singapura dan mendarat darurat di Thailand, serta pesawat Qatar Airways rute Qatar-Irlandia yang mengalami turbulensi saat melintasi Turki.

Peristiwa yang dipicu akibat perubahan tekanan dan kecepatan aliran udara yang tidak stabil tersebut tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan dan potensi kerugian pada penumpang, tapi juga berdampak terhadap jadwal penerbangan berikutnya.

Ignatius menuturkan bahwa banyak ahli yang menilai fenomena tersebut merupakan dampak perubahan iklim, sehingga ke depannya dikhawatirkan akan lebih sering terjadi dan tidak bisa diprediksi.

“Risiko perjalanan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari dan bisa terjadi kapan pun. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka para pelaku perjalanan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak terduga dan menimbulkan kerugian selama perjalanan,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa sejumlah risiko tersebut termasuk kecelakaan dan penyakit serius serta kerusakan, kehilangan, pencurian, perampasan, dan perampokan barang bawaan.

Untuk menanggulangi berbagai risiko tersebut, pihaknya pun menawarkan produk asuransi Allianz TravelPro yang memiliki manfaat pembiayaan medis maupun fasilitas evakuasi dan repatriasi apabila terjadi kecelakaan atau penyakit serius selama perjalanan, serta pertanggungan terhadap barang bagasi pribadi.

“Allianz TravelPro menyediakan beragam pilihan plan dan wilayah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelaku perjalanan. Untuk wilayah tersebut mulai dari Greater Asia, Pacific & Schengen, Worldwide exclude US & Canada dan Worldwide include US & Canada,” imbuh Ignatius.

Baca juga: Ini manfaat asuransi Allianz untuk penumpang Garuda Indonesia

Baca juga: Pentingnya asuransi perjalanan untuk traveling

Baca juga: Asuransi perjalanan diprediksi meningkat seiring tren wisata membaik



 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024