Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) mempersiapkan program City Beautification sebagai upaya memperindah wilayah tuan rumah dan ajang promosi PON XXI 2024 di wilayah setempat.

Ketua PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan bahwa program ini merupakan bagian dari persiapan menyambut PON XXI 2024 yang bertujuan untuk memperindah wilayah tuan rumah di daerahnya.

"Program ini tidak hanya bertujuan untuk mempercantik dan memperindah daerah, tetapi juga untuk mempromosikan ajang PON yang semakin dekat," ujar Afifi Lubis, di Medan, Kamis.

Dia menjelaskan program ini juga merupakan sarana untuk mengenalkan budaya dan keindahan daerah kepada para peserta maupun wisatawan yang hadir di ajang olahraga nasional tersebut.

Dalam program tersebut, kata dia, pihaknya akan menghiasi berbagai elemen City Beautification di seluruh daerah yang menjadi tuan rumah PON 2024 di wilayah Sumatera Utara.

Adapun elemen yang akan dihiasi seperti piktogram, gambar maskot, logo dan tagline PON XXI 2024 yang akan dipasang di sejumlah titik lokasi yang telah ditentukan.

Baca juga: Kemenpora dukung anggaran Rp516 miliar untuk sukseskan PON Aceh-Sumut

"Elemen itu akan dipasang di titik-titik tertentu. Selain di Medan, program ini juga akan diterapkan di Deli Serdang dan seluruh daerah yang menjadi tuan rumah PON 2024 di Sumut," sebut dia.

Dia berharap dengan program tersebut antusias masyarakat dalam menyambut ajang olahraga nasional itu dapat terus meningkat dan memberikan kesan yang baik bagi peserta yang akan hadir.

"Program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi citra dan perkembangan wilayah Sumatera Utara sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar di Indonesia ini," ujar dia.

Di sisi lain, PB PON Sumut memasifkan pelibatan masyarakat dalam menyukseskan pesta olahraga empat tahunan itu antara lain dengan berpartisipasi sebagai volunter atau relawan.

Afifi menjelaskan PB PON Sumut membutuhkan berbagai klasifikasi volunter yang terdiri dari Green Volunteer, Blue Volunteer, dan Yellow Volunteer.

"Kami telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi volunter. Kesuksesan PON 2024 tidak terlepas dari peran masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Pemprov Sumut butuh 1.150 tenaga kesehatan untuk PON 2024
Baca juga: Menko Polhukam: Progres pembangunan arena PON di Sumut berjalan baik

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024